Konsumsi Ganja Bisa Munculkan 5 Dampak Negatif untuk Tubuh

Dwi Sasono, salah satu artis senior Indonesia ini telah ditangkap oleh pihak Kepolisian setelah kedapatan menyimpan dan mengkonsumsi Narkotika jenis Ganja.

Ganja sendiri merupakan salah satu jenis Narkotika yang memiliki Zat Adiktif sehingga bisa memunculkan efek kecanduan. Tentu saja selain kecanduan, ada beberapa dampak negatif lain yang bisa dimunculkan tanaman yang satu ini jika dihisap seperti Rokok.

Berikut ini adalah 5 Dampak Negatif yang ditimbulkan Ganja pada tubuh kita.

1. Sistem pernapasan

Ganja sama seperti Rokok, penggunaannya sama-sama dihisap. Kandungan yang terdapat dalam ganja pun juga mirip dengan tembakau, ada beberapa zat kimia seperti Hidrogen Sianida dan Amonia. Faktanya, kedua zat tersebut tergolong berbahaya dan bisa merusak saluran pernafasan kita.

Bronkitis, infeksi paru-paru, asma, dan cystic fibrosis adalah penyakit yang ditimbulkan dari jangka panjang penggunaan Ganja.

2. Sistem peredaran darah

Para pengguna ganja biasanya akan merasakan sensasi jantung berdebar yang lebih kencang dari biasanya, bahkan bisa meningkat 20 sampai 50 kali per menitnya dalam jarak waktu tiga jam. Dengan kata lain, penggunaan ganja sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Salah satu ciri khas pengguna ganja adalah mata merah, hal ini terjadi karena penggunaan ganja bisa memperbesar pembuluh darah di sekitar mata kita.

3. Sistem saraf pusat

Efek ganja meluas ke seluruh sistem saraf pusat (SSP). Terutama berpengaruh pada otak kecil dan ganglia basal, yang berperan dalam gerakan dan keseimbangan. Hal ini dapat membuat keseimbangan, koordinasi, dan respons refleks dari penggunanya menjadi terganggu.

4. Sistem pencernaan

Para penghisap ganja sama seperti perokok yang akan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian mulut sampai tenggorokan. Di samping itu, faktanya ganja juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan merusak liver saat dikonsumsi secara oral.

Terkadang juga memunculkan efek muntah sampai mual.

5. Merusak Sistem Imun

Dan dampak negatif dari penggunaan ganja jangka panjang adalah rusaknya sistem imun pada tubuh, hal ini karena zat kimia berbahaya dari ganja yang perlahan merusak sistem kekebalan alami kita.

Leave a Comment