Klopp Bahkan Bisa Bawa Tim Divisi 2 Promosi Ke Premier League

Salah seorang legenda Arsenal, Paul Merson tak ragu melayangkan pujian setinggi langit kepada manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Dia bahkan mengklaim bahwa manajer asal Jerman tersebut memiliki kemampuan untuk mengantarkan klub divisi dua menjalani promosi ke Liga Primer Inggris, karena kegemilangan taktiknya.

Sejak datang pada tahun 2015 lalu, Klopp memang membawa banyak perubahan bagi Liverpool. Melalui proses yang cukup perlahan namun pasti, mantan juru taktik Borussia Dortmund ini berhasil mengantar Liverpool jadi kampiun Liga Champions Eropa musim 2018/19 kemarin. Kemudian di musim ini, Klopp melanjutkan kinerja apiknya.

Liverpool arahan sang pelatih asal Jerman berhasil memuncakki klasemen sementara Premier League, bahkan unggul 14 poin atas rival terdekat yang tak lain adalah sang juara bertahan, Manchester city. Tak sampai disitu, dari total 21 pertandingan yang telah dilangsungkan, Liverpool tak terkalahkan dengan 20 kemenangan dan 1 saja hasil imbang.

Tak heran jika kinerja apik Jurgen klopp kemudian mendapat sanjungan dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Paul Merson, yang sampai berkata bahwa Klopp mampu membawa klub divisi dua bisa menjalani promosi ke Premier League.

“Saya adalah fans berat Jurgen Klopp. Saya bisa pakai tim manapun di sini, namun saya akan menyebut Rotherham… Saya pikir Klopp bisa pindah ke Rotherham dan membawa mereka ke Premier League. Dia membawa masuk pemain dan memainkan mereka dengan cara yang benar. Mereka tidak punya pemain dengan nama besar. Jordan Henderson, Gini Wijnaldum, Fabinho,” ujarnya ke Sky Sports.

Prestasinya tersebut membuat Jurgen klopp sering dibandingkan dengan Pep Guardiola, mengingat mantan pelatih Barcelona sukses antarkan Manchester City juarai Premier League dalam dua musim terakhir secara beruntun. Merson juga tidak memungkiri kalau Guardiola adalah pelatih yang berkualitas. Akan tetapi, untuk saat ini menurutnya Klopp lebih unggul.

“Saya tahu rekor Pep Guardiola itu bagus, jangan salah, namun setiap pemainnya seharga 80 juta pounds, 90 juta pounds di setiap posisinya. Saya belum pernah melihat siapapun di Manchester City yang menjadi jauh, jauh lebih baik. Mereka sudah menjadi pemain yang hebat,” tutupnya.

Leave a Comment