Kenangan Virgoun: Dituntun Baca Syahadat Oleh Syekh Ali Jaber

Almarhum Syekh Ali Jaber ternyata memiliki tempat yang khusus di kehidupan seorang Virgoun, bagaimana tidak? Sang Ulama’ lah yang menuntun dia membaca Syahadat dan menjadi seorang Muslim beberapa waktu lalu.

Hal tersebut juga pernah diungkapkan langsung oleh mantan personil Last Child tersebut dalam perbincangan bersama Onadio. Ketika itu Virgoun menceritakan dirinya masuk islam karena kalah ‘taruhan’.

Diceritakan Virgoun bahwa awalnya dia diminta untuk pindah keyakinan oleh INara Idola Rusli, kakak dari sang istri setelah ditantang berdiskusi mengenai keyakinan masing-masing. Namun, sebelum berpindah agama, Virgoun diajak untuk belajar tentang agama Islam.

Selain berdiskusi, Inara Idola Rusli juga mengajak Virgoun untuk bertemu tokoh-tokoh agama.

“Gue accept (untuk diajak belajar Islam), gue kosongin hati gue, gue belajar. Gue diajak keliling belajar sama guru-gurunya dia. Deket-deket dia orang-orang hebat banget sih,” ungkapnya lagi.

Nah, termasuk salah satu tokoh yang diperkenalkan kepada Virgoun adalah Alm. Syekh Ali Jaber. Nah, setelah selama kurang lebih enam bulan mempelajari agama Islam, Virgoun mengakui kekalahannya dan bersedia masuk islam.

Saat itu, Kakak Iparnya memberikan pilihan kepada Virgoun terkait siapa yang akan menuntut dia membaca syahadat.

“Gue bilang oke gue kalah, gue pindah. Terus dia cuma bilang, lu tinggal pilih dari orang yang gue ajak lu keliling kemarin lu mau yang mana untuk jadi saksi baca syahadat,” kenang Virgoun.

Dari banyak tokoh agama tersebut, Virgoun meminta Syekh Ali Jaber yang menuntunnya langsung.

“Akhirnya gue milih syahadatnya sama Syekh Ali Jaber,” kisah Virgoun.

Kini, yang bersangkutan telah meninggal dunia, tepatnya pada Kamis Pagi, 14 Januari 2021. Lewat akun instagram pribadinya, Virgoun lantas mengucapkan bela sungkawa dan berterima kasih pada jasa Syekh Ali Jaber beberapa waktu lalu.

“Inna Lillahi wa inna ilayhi raji’un.. Selamat jalan gurunda Syech Muhammad Ali Jaber..”

“Terima kasih telah menuntun ku ber Syahadat..insyaAllah di dalam setiap sujud ku ada setitik amal jariah untuk mu. see you in the other side,” tulis Virgoun.

Syekh Ali Jaber diketahui meninggal pada usia 44 tahun.

Leave a Comment