Kekaguman Pochettino Terhadap Sir Alex Ferguson

Meski sepanjang karirnya dua tiga kali mencicipi gelar juara Liga Champions Eropa, namun sosok Sir Alex Ferguson sudah dianggap sebagai salah satu ikon dari sepakbola itu sendiri. Bahkan, Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino mengaku begitu mengagumi pelatih legendaris Manchester United tersebut, dan menganggapnya sebagai pelatih terbaik sepanjang masa. Pochettino senang pernah makan malam bersama sang Legenda, dan menjadikannya sebagai salah satu inspirasi utama.

Sir Alex Ferguson bisa dikatakan adalah pelatih tersukses dalam sejarah Manchester United, sebagaimana yang bersangkutan mempersembahkan banyak sekali gelar juara untuk raksasa Premier League tersebut selama 26 tahun menjadi manajer kepala Setan Merah. 13 gelar Liga Primer Inggris, dua Trofi Liga Champions Eropa, satu kali treble winner dan banyak lagi gelar bergengsi lainnya seolah sudah cukup menggambarkan betapa legendarisnya sosok Sir Alex ferguson.

Yang bersangkutan sendiri memilih pensiun sebagai pelatih Manchester United pada tahun 2013 silam, meninggalkan warisan yang begitu besar bagi sejarah klub. Kendati pada akhirnya sepeninggalnya Manchester united sangat kesultian bersaing dalam perburuan gelar juara, tapi nama besar Sir Alex tak pernah pudar. Banyak pihak yang merasa kagum dengan pencapaian pria asal Skotlandia tersebut, termasuk diantaranya pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino.

Selain dianggap sebagai inspirasi utama, Sir Alex bagi Pochettino juga merupakan pelatih terbaik dalam sejarah sepakbola. Bahkan Sir Alex Ferguson itulah sepakbola bagi pelatih asal Argentina ini.

“Itu adalah kabar yang fantastis karena dia adalah sepakbola itu sendiri. Sir Alex adalah sepakbola. Keterlibatannya kembali di United sangat, sangat penting. Saya sempat mengirimkan pesan untuknya ketika dia sakit. Saya tidak bisa menyembunyikan kekaguman saya kepadanya. Dia adalah salah satu sosok yang paling menginspirasi saya. Kami pernah makan siang bersama di London pada 2016 dan sejak itu kami berhubungan baik.”

“Apakah Ferguson memberikan energi baru untuk United? Dia adalah manajer terbaik dalam sejarah sepakbola. Bisa bertemu dengannya setiap hari adalah sesuatu yang sangat berarti. Dia adalah ensiklopedia sepakbola,” kata Pochettino kepada Sky Sports.

Sekarang, Pochettino tengah bersiap membawa Tottenham Hotspur mencatat rekor empat kali menang secara beruntun melawan Manchester United, jelang pertemuan di Wembley akhir pekan besok.

Leave a Comment