Kebiasaan di Kamar Mandi Yang Bisa Datangkan Penyakit

Kamar Mandi adalah salah satu bagian rumah yang paling kotoran, mengingat fungsinya itu sendiri. Ada ratusan juta bakteri berada di sana. Maka sangat penting untuk menjaga kamar mandi di rumah kita agar tetap bersih supaya terhindar dari penyakit.

Orang yang senang lama-lama berdiam diri di kamar mandi harusnya mengubah kebiasaan tersebut. Pasalnya itu termasuk kebiasaan buruk di kamar mandi yang bisa mendatangkan penyakit.

Ada juga beberapa kebiasaan di Kamar Mandi lainnya yang bisa mendatangkan penyakit dan berbahaya bagi kesehatan tubuh, berikut diantaranya.

1. Menyimpan sikat gigi dekat toilet

Saat membilas kloset, air cipratannya bisa menjangkau area 2 meter, dimana air tersebut mengandung jutaan bakteri hasil dari feses maupun air seni.

Jika meletakkan sikat gigi di dekat kloset maka besar kemungkinan air juga akan mengenai bulu sikatnya, dan bakteri bisa hinggap disana serta bertahan selama satu minggu. Dengan kata lain, ini bisa berbahaya bagi pengguna sikat gigi tersebut.

2. Membawa handphone

Apakah anda termasuk orang yang suka bermain handphone saat berada di kamar mandi? Faktanya banyak orang yang memiliki kebiasaan ini dengan beragam alasan, termasuk menghilangkan bosan.

Padahal, peluang bakteri menempel pada ponsel kita sangat besar, dan bisa tersalurkan ketika ponsel menempel di pipi kita saat sedang menelpon dan aktivitas lain.

3. Membersihkan wajah dengan handuk badan

Menggunakan handuk yang sama untuk mengelap badan dan untuk mengelap wajah ternyata tidak baik, terutama bagi anda yang punya masalah kesehatan kulit.

Sebab, setiap menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan wajah dan dibiarkan basah, akan membuat bakteri berkembang biak. Sebaiknya, gunakan handuk sekali pakai.

4. Membiarkan handuk basah tergantung di kamar mandi

Mengenakan handuk setelah mandi memang cara yang tepat untuk mengeringkan tubuh. Tapi tidak sedikit yang malas untuk menjemur handuk tersebut setelah digunakan.

Sebaiknya, kita harus lekas menjemur handuk basah setelah beranjak dari kamar mandi. Handuk yang dibiarkan lama di kamar mandi akan menjadi lembap yang bisa mengundang jamur dan bakteri berkembang biak.

Leave a Comment