Keasyikan Nonton Drama ! Orang Ini Sampai Buta dan Stroke

Nonton Drama, apalagi yang ceritanya terdiri dari banyak episode memang begitu mengasyikkan, bahkan terkadang kita sampai lupa waktu, dan lupa keadaan di sekitar. Padahal, kenyataannya kebiasaan seperti itu sangat berbahaya bagi tubuh. Seperti beberapa kasus yang pernah terjadi karena kelamaan menonton Drama di televisi atau layar komputer.

Nah, baru-baru ini, kasus baru muncul tentang kebiasaan nonton drama ini. Ironisnya menimpa seorang pria yang sudah berumur 50 Tahun. Kejadian ini berlangsung di Taiwan, seorang pria diketahui mengalami kebutaan dan stroke lantaran terlalu lama menyaksikan drama di depan televisi di rumahnya.

China Press menuliskan, seorang ahli saraf Taiwan menceritakan sebuah kisah dari salah satu pasiennya dalam sebuah acara televisi. Ia bercerita bahwa pasien tiba-tiba kehilangan pandangan di salah satu matanya dan dia mulai merasa pusing. Dia sempat memprediksi hanya mengalami kelelahan pengelihatan, tapi faktanya seiring berjalannya waktu, kebutaan pada satu matanya tak kunjung sembuh.

“Dia bercerita bahwa dia langsung pergi ke dokter setempat, dokter tersebut hanya mengatakan bahwa kebutaannya karena faktor usia, dia lalu mendapat obat tetes. Namun, seminggu kemudian, kebutaannya kembali saat dia mengemudi dan dia pergi menemui dokter lagi,” ujar seorang ahli syaraf, dikutip dari World of Buzz.

Dalam pemeriksaan dokter menemukan, salah satu arteri karotis pasien sempit dan yang lain benar-benar tersumbat, dimana hal tersebut juga membuat pasien tersebut mengalami stroke. Jadi itulah alasan kenapa salah satu matanya mengalami kebutaan.

Dalam penjelasannya, dokter mengatakan bahwa arteri Kartoid yang bertugas membawa darah dari jantung ke leher juga menyebabkan otak mengalami malfungsi karena penyumbatan tersebut. Dokter tidak mengatakan bahwa menonton TV selama berjam-jam secara langsung menyebabkan stroke pasien, hanya saja penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa hal tersebut benar adanya.

Menyaksikan televisi atau menatap komputer terlalu lama artinya juga kita berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, misalnya duduk. Hal ini membuat peredaran darah menjadi lebih lambat dari biasanya, dan lama-lama tersumbat kemudian stroke. Sebaiknya, selingi menonton drama dengan berjalan di sekeliling rumah atau olahraga ringan seperti naik turun tangga.

Leave a Comment