Jurgen Klopp Kecam Kompetisi UEFA Nations League

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp sepertinya sangat tidak menyukai kompetisi jeda Internasional yang dikenal dengan istilah UEFA Nations League. Pasalnya, kompetisi tersebut membuat para pemain andalannya tidak memiliki waktu untuk beristirahat di tengah-tengah padatnya jadwal musim ini. Klopp tak segan menyebut UEFA Nations League sebagai kompetisi terbodoh.

Sebagaimana diketahui, UEFA selaku asosiasi sepak bola tertinggi di Eropa memang telah menggagas kompetisi baru antar negara Eropa, yang dikenal dengan format UEFA Nations League. Kompetisi ini digulirkan mulai Agustus lalu, saat kompetisi level klub sedang beristirahat. Hampir semua negara Eropa ikut serta dalam kompetisi ini, dan tentu saja bisa dikatakan kompetisi tersebut merugikan bagi pihak klub.

Pasalnya, mereka yang tengah disibukkan dengan padatnya jadwal berbagai kompetisi harus merelakan para pemain mereka membela tim Nasional masing-masing. Selain mengganggu faktor kebugaran, pertandingan dalam kompetisi itu juga berpotensi menghadirkan cedera yang bisa menimpa para pemain. Tak heran jika banyak pelatih yang mengecam kompetisi tersebut termasuk salah satunya manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Menurutnya, UEFA Nations League adalah kompetisi terbodoh yang pernah ada dalam sepakbola. Diapun berharap para pemainnya bisa kembali dalam kondisi bugar dan tidak ditimpa cedera sepanjang kompetisi tersebut berlangsung.

“Jika seseorang mengatakan pada saya setelah delapan laga saya akan mendapat 20 poin, saya akan mengatakannya dengan pertimbangan jadwal ini: ‘Saya akan mengambilnya, mari kita mulai dengan matchday kesembilan! Sayang, anak-anak akan pergi lagi sekarang dan harus bermain di Nations League – kompetisi paling bodoh di dunia sepakbola. Kami harap mereka kembali dengan sehat dan memainkan kompetisi mudah ini, Liga Primer, Liga Champions, dan semua ini. Ini merupakan periode yang sulit untuk anak-anak, eh? Kita harus mulai berpikir tentang para pemain.” Demikian ujar Klopp kepada reporter.

Leave a Comment