Joan Mir Akui Sulit Pertahankan Gelar Jika Marc Marquez Kembali

Joan Mir Akui Sulit Pertahankan Gelar Jika Marc Marquez Kembali

Juara MotoGP musim 2020 kemarin, Joan Mir enggan terlalu percaya diri bisa mempertahankan gelarnya tersebut pada kampanye musim 2021 ini, apalagi Marc Marquez juga sudah semakin dekat dengan comebacknya.

Marc Marquez yang sempat menepi karena cedera selama semusim penuh memang akhirnya mulai kembali berkutat dengan motor. Bahkan, Rider Repsol Honda tersebut sudah menjalani latihan pertamanya dengan Motor RC213V-S di Sirkuit Barcelona pekan lalu.

Kondisinya yang semakin baik tersebut memungkinkan sang juara dunia delapan kali untuk tampil dalam seri pertama MotoGP musim 2021 di Qatar pada 28 Maret mendatang.

Tentu saja kembalinya Marc Marquez adalah kabar baik bagi Honda, namun tidak demikian bagi para rivalnya termasuk Joan Mir.

Rider Suzuki Ecstar tersebut berhasil menjadi juara dunia musim 2021 kemarin, dimana tak dipungkiri keberhasilannya menjadi juara juga karena absensi Marc Marquez yang membuat persaingan semakin terbuka.

Joan Mir sendiri tidak bisa memungkiri bahwa kembalinya Marc Marquez akan membuat dirinya kesulitan mempertahankan gelar juara dunia, meskipun sudah siap secara teknis.

“Saya rasa sulit, seperti biasa. Jika Anda tanya saya tahun lalu, saya juga bakal bilang mustahil (meraih gelar). Tahun ini saya melihatnya sulit, tapi kami punya kesempatan. Motor kami bekerja dengan baik, dan saya juga merasa siap.”

“Kuncinya adalah selalu ada di depan setiap balapan dengan kecepatan lebih tinggi. Namun, saya rasa ada nilai plus jika Marc kembali. Ia akan menjadi lawan yang bakal sangat sulit dikalahkan, dan ini akan membuat persaingan ekstra sulit,” ujarnya seperti yang dikutip MotosanGP

Adapun, dalam ujicoba di Sirkuit Losail 6-12 maret lalu, sebenarnya performa Joan Mir tak begitu berkesan, dia tertinggal di beberapa aspek termasuk kecepatan.

Namun ritme balap rider asal Spanyol ini cukup meyakinkan.

“Sudah jelas di Qatar kami kekurangan top speed, terutama demi mempertahankan diri dalam balapan. Mungkin satu hari uji coba tambahan bisa membuat saya makin nyaman berkendara.,” pungkasnya.

Leave a Comment