Inilah Latihan Yang Harus Anda Lakukan Bila Anda Duduk Terlalu Lama

Duduk di meja dan mengerjakan komputer atau melakukan pekerjaan Anda memang tidak dapat kita hindari. Dokter tentunya selalu menyarankan Anda untuk mengubah rutinitas ini dengan cara lainnya. Berikut ada 3 cara mudah untuk diterapkan.

Apa Yang Terjadi Saat Anda Duduk Terlalu Lama?

Duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat akan menyebabkan komplikasi serius. Efek merugikan ini terjadi karena sirkulasi yang buruk dan penurunan tingkat metabolisme.

  • Duduk lama adalah alasan utama terjadinya nyeri punggung.
  • Duduk terlalu lama memiliki kaitan dengan diabetes, serangan jantung, dan kematian dini.
  • Ini dapat meningkatkan potensi demensia.

Namun, Anda dapat mengimbangi semua masalah ini dengan melakukan latihan sederhana. Berikut ini adalah beberapa latihan yang paling berguna untuk orang yang tidak aktif.

Latihan saat Anda berada di meja kerja

Angkat tangan Anda dan tarik napas saat mengarah ke langit-langit. Anda dapat mengantukkan jari-jari Anda. Jangkau dari perut Anda dan rentangkan tangan Anda. Buang napas dan angkat tangan Anda. Ulangi 3-4 kali. Lakukan setiap kali Anda merasa lelah atau kaku.

Relaksasi bahu-kepala: Jatuhkan kepala Anda di dada Anda dan gulingkan dari sisi ke sisi. Dengan cara lambat, angakt kembali sambil melihat ke atas dan membawanya ke sisi lain. Kemudian, lihat ke sisi lain. Rasakan saraf kaku Anda retak. Angkat bahu Anda ke telinga Anda, tahan selama satu detik, dan jatuhkan. Ulangi sesuai kebutuhan.

Latihan berdiri di samping meja Anda

Mulai dari posisi berdiri. Ambil satu kaki ke depan dan tekuk lutut Anda yang lain. Sentuh lutut ke lantai dan tekan pinggul ke bawah. Tahan selama sepuluh hitungan. Ulangi untuk kaki yang lain. Lakukan 3-4 kali.

Berlari dalam posisi. Angkat tangan Anda ke dada dan mulai berlari di tempat yang sama. Ini berguna untuk melonggarkan otot kaku dan membuka dada Anda. Alternatif untuk latihan ini adalah melompat ke atas dan ke bawah sambil menggerakkan kaki Anda terpisah dan kemudian kembali ke tempat semula. Gerakkan tangan Anda secara bersamaan ke arah samping dan kemudian turun lagi.

Latihan saat berbaring

Rentangkan tangan Anda ke kedua sisi. Tekuk kedua kaki Anda dan gerakkan ke kanan. Istirahatkan mereka di lantai. Tunggu sebentar. Kemudian, gerakkan kaki ke sisi yang lain. Ulangi setidaknya 5-6 kali.

Sebenarnya masih ada cara terbaik lainnya dan mudah diikuti , yaitu dengan berjalan kaki di pagi atau sore hari. Hal tersebut dapat meremajakan tubuh dan pikiran kita dari dalam, serta mengisi energi alami dalam tubuh. Jadi, seringlah berjalan kaki selagi kapan pun Anda bisa.

Leave a Comment