Inilah 4 Hoax Terbaru Tentang Virus Corona

Pandemi Virus Corona semakin menjadi-jadi di Indonesia, total sampai berita ini diturunkan sudah ada lebih dari 90 Ribu kasus dan terus bertambah setiap harinya.

Seiring dengan merebaknya kasus Covid-19, merebak juga beberapa berita miring alias hoax tentang virus tersebut, pencegahannya, cara mengobati dan hal lain. Nah, sebagaimana dirangkum detikcom, berikut 4 Hoax terbaru tentang Virus Corona.

1. Cegah Virus Corona Dengan Konsumsi Bawang Putih Mentah

Sejak wabah ini merebak, ada beberapa berita yang mengklaim bahwa makanan tertentu bisa mencegah Virus Corona. Terbaru ada Bawang Putih, yang dianggap ampuh untuk mencegah virus ini. Tapi kenyataannya, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Memang, mengkonsumsi bawang putih mentah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hanya saja, mengkonsumsi dalam jumlah banyak justru berbahaya, bahkan ada seorang wanita di Cina yang dilarikan ke rumah sakit karena mengkonsumsi bawang putih mentah.

2. Rutin Minum Air Putih bisa Sembuhkan Pasien Virus Corona

Rutin minun air putih memang bagus, tapi klaim yang beredar rasanya tak benar, karena disebutkan bahwa minum air putih secara rutin setiap 15 menit bisa mematikan virus ini.

Profesor Trudie Lang dari Oxford University mengatakan tidak ada mekanisme biologis yang mendukung gagasan bahwa dengan minum air putih per 15 menit bisa membasmi virus. Meski virus memang bisa masuk melalui mulut atau saluran pernafasan, bukan berarti air putih adalah solusinya.

3. Thermo gun merusak otak

Sejak wabah Virus Corona merebak, orang-orang mulai mengukur suhu tubuh dengan menggunakan Thermo Gun, karena dengan alat ini tidak ada kontak fisik yang terjadi. Namun belakangan muncul klaim yang menyebut bahwa Sinar Laser yang dipancarkan Thermo Gun dapat merusak otak.

Faktanya, Sinar yang keluar dari Thermo Gun bukanlah sinar laser, melainkan sinar infra merah yang sama sekali tak berbahaya bagi otak kita.

4. Mandi air panas bisa bunuh virus

Dan yang terakhir adalah tentang mandi air panas yang bisa menyembuhkan pasien Virus Corona, lagi-lagi klaim ini terbantahkan.

“Setelah virus masuk ke tubuh, tidak ada cara untuk membunuhnya. Tubuh Anda sendiri yang harus melawannya. Untuk membunuh virus, Anda membutuhkan suhu lebih dari 60 derajat Celcius,” jelas Profesor Bloomfield mengutip dari BBC.

Leave a Comment