Ini Caranya Agar Kolesterol Tidak Naik Saat Konsumsi Kepiting

Makanan yang berasal dari Laut, atau kita kenal dengan istilah seafood memang memiliki daya tarik tersendiri. Ada banyak sekali opsi Seafood, termasuk diantaranya Kepiting. Ikan amfibi yang satu ini faktanya memiliki daging yang empuk dan gurih, apalagi jika dibumbui dengan saus tiram, pasti sangat menggoda.

Akan tetapi, sebagai informasi mengkonsumsi Daging Kepiting dalam jumlah berlebih juga tidak sehat untuk tubuh. Pasalnya, selama ini kabar yang beredar di masyarakat mengklaim bahwa daging kepiting bisa membuat kolesterol dalam tubuh meningkat tajam. Tak hanya itu, ada juga klaim yang menyebut bahwa daging kepiting yang gurih mengandung lemak cukup banyak.

Nah, ternyata untuk klaim kedua tidak benar adanya, hal ini diungkapkan oleh seorang Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Verawati Soedarma

“Dalam satu porsi kepiting atau 85 gram daging mentah kepiting terdapat 84 mg kolesterol yang mana masih termasuk dalam kebutuhan sehari-hari. Kandungan lemak jenuhnya juga rendah sehingga aman untuk penderita kolesterol tinggi,” Demikian jelas Dr Vera kepada TvOne.

Faktanya, Kepiting mengandung banyak khasiat bagi tubuh, kaya akan omega 3 dengan jenis DHA. DHA sendiri adalah kandungan yang menyehatkan retina mata. Bahkan, zat omega 3 ini juga membantu mencegah peradangan di jantung yang sangat berpotensi membuat kita mengalami masalah serius seperti Stroke.

Dokter Vera melanjutkan, kandungan proteinnya yang tinggi yakni sebesar 15 gram juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin saat di kandungan. Jadi, daging kepiting sejatinya sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Hanya saja, dijelaskan oleh dr Vera bahwa olahan kepiting dengan kandungan garam yang berlebih sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan juga.

“Penambahan garam di olahan kepiting bisa berisiko tekanan darah tinggi yang memicu bengkak di tubuh. Jadi, ibu hamil jangan terlalu sering konsumsi kepiting, secukupnya saja,” jelasnya.

Hal yang sama juga berlaku pada tubuh normal di mana kandungan natrium dari garam yang berlebih bisa berisiko untuk penderita jantung. Karenanya mengolah daging kepiting agar tidak mengandung banyak kolesterol adalah dengan cara memanggang atau merebusnya, dengan sedikit saja tambahan garam.

Leave a Comment