Henrikh Mkhitaryan Ceritakan Pengalaman Dilatih Mourinho

Jose Mourinho dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dunia karena prestasinya yang mentereng. Selain itu, dia juga dikenal sebagai pelatih yang tegas dan kontroversial. Lantas, bagaimana rasanya ditangani juru taktik asal Portugal ?

Gelandang Armenia, Henrikh Mkhitaryan coba memberikan jawaban. Pasalnya dia memang pernah merasakan pengalaman ditangani oleh The Special One selama satu setengah musim sebelum kemudian pindah ke Arsenal.

Karirnya di Manchester United tak bisa dikatakan sukses, namun gagal juga tidak. Namun mantan pemain Borussia Dortmund ini cukup beruntung mendapat pengalaman ditangani oleh jose Mourinho.

Selama ini, mantan pelatih Real Madrid dikenal sebagai sosok yang kerap bersitegang dengan para pemainnya. Lantas, apakah hal yang sama juga dialami oleh Mkhitaryan ?

Ternyata tidak, meski begitu Mourinho diceritakan memang menuntut para pemainnya untuk melakukan apa yang dia minta.

“Dengan Mourinho adalah yang paling rumit di dalam karir sepak bola saya; dia merupakan pemenang secara alami”

“Dia ingin anda menang dan anda melakukan apa yang ia minta, itu sulit bagi semua orang. Perbedaan pendapat dan konflik pun terjadi, tapi tidak memberikan dampak yang besar atas kerja keras dan tiga trofi yang kami menangkan,” ujar Mkhitaryan kala berbincang kepada Yevgeny Savin.

Periode Mourinho di Old Trafford terbilang singkat, hanya dua setengah musim. Namun begitu, yang bersangkutan sukses persembahkan tiga trofi untuk Manchester United, diantaranya Carabao Cup, FA Community Shield dan Liga Europa.

Lebih lanjut, Mkhitaryan sendiri bercerita tentang pengalaman ditangani Jurgen Klopp. Seperti diketahui, sebelum sukses bersama Liverpool, pelatih asal Jerman lebih dulu menangani Borussia Dortmund dalam waktu yang cukup lama.

Nah, di klub Bundesliga itulah Mkhitaryan merasakan pengalaman ditangani sang manajer. Menurutnya, Klopp adalah sosok yang begitu dekat dengan para pemainnya.

“Klopp adalah seorang teman, seperti seorang ayah atau kakak bagi saya. Saat saya meninggalkan Dortmund, saya jadi mulai memahami sepak bola sepenuhnya,” tambahnya.

Adapun, Mkhitaryan sendiri saat ini menjalani masa pinjamannya dari Arsenal ke AS Roma. Di Italia, dia sudah mencatat 13 penampilan sejauh ini pada ajang Serie A.

Leave a Comment