Heboh Penampakan Wujud Virus Corona, Fakta atau Hoax?

Sebuah gambar beredar di sosial media yang diklaim sebagai penampakan wujud Virus Corona yang tengah mewabah beberapa bulan terakhir ini. Lantas, apakah gambar tersebut benar adanya atau hanya sebatas Hoax?

Sebegaimana diketahui, Pandemi Virus corona memang sangat mencemaskan masyarakat dunia. Bagaimana tidak? Total sampai berita ini diturunkan, ada lebih dari 77 Ribu orang yang meninggal dunia akibat dari wabah tersebut.

Memang, cukup banyak kasus yang sudah tuntas karena pasien sembuh total, akan tetapi perlu diingat juga bahwa vaksin untuk Virus ini belum ditemukan. Hal tersebut membuat penyebaran Virus terus berlanjut sampai sekarang. Total di Indonesia sendiri sudah ada 117 kasus.

Kemudian, kondisi krisis ini coba dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menyebar berita, entah benar atau tidak tentang virus Corona. Terbaru, beredar sebuah gambar di sosial media yang diklaim adalah penampakan atau wujud asli dari Virus ini.

Pada gambar tersebut tampak hewan yang mirip seperti tupai, namun dengan moncong yang panjang. Diklaim sebagai penampakan Corona setelah diperbesar sampai 2600 kali.

“Konon gambar mahluk korona itu tertangkap kamera dan di zoom atau diperbesar 2600x dan hasilnya seperti di bawah ini. semoga Allah melindungi kita semua aamiin,” tulis satu pengguna Facebook yang turut membagikan gambar.

Namun setelah ditelusuri, ternyata gambar yang diklaim sebagai rupa dari Virus Corona itu tidaklah benar. Faktanya, gambar serupa juga sempat dibagikan oleh akun twitter @Helios_en, tepatnya pada tanggal 26 Februari 2020 lalu.

Memang benar bahwa ketika itu sudah ada kabar tentang Virus Corona, bahkan sudah cukup heboh. Namun dipastikan itu bukan gambar wujud dari virus Corona. Dalam caption foto tersebut, dituliskan bahwa hewan itu adalah Kumbang weevils.

“Serangga ini ukurannya kecil, kurang dari 6 milimeter (4 inci) dan herbivora. Makanan kesukaannya, antara lain tepung, oat, barley, dan sereal sarapan,” tulis Helios.

Perlu diketahui bahwa sama sekali tidak ada hubungannya antara kumbang Weevils dengan Virus corona. Atau dengan kata lain, informasi gambar yang beredar tersebut dipastikan hoax.

Leave a Comment