Hati-Hati ! Virus di Android Bisa Bobol Rekening Kita

Android kini jadi sistem operasi yang banyak sekali digunakan para pengguna ponsel, selain pengoperasiannya yang cukup mudah, ada banyak fitur menggiurkan dalam OS besutan Google ini. Tapi tiada gading yang tak retak, Android pun juga memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak ‘usil’. Bahkan, celah keamanan ini juga bisa digunakan untuk membobol rekening bank pemilik Ponsel.

Memang, Playstore selaku aplikasi untuk mengunduh beragam hal seperti Aplikasi, games dan lainnya sudah diproteksi sedemikian rupa oleh google. Tapi faktanya Ponsel kita bisa saja disusupi oleh Malware alias Virus. Virus tersebut nantinya bisa membuat sebuah halaman login yang meminta informasi akun bank kita.

Seperti diketahui, perbankan sekarang memang sudah canggih, terciptanya aplikasi internet banking bisa memudahkan nasabah di setiap bank dalam ber-transaksi. Namun di satu sisi, informasi akun untuk login pada aplikasi perbankan tersebut juga sangat berbahaya, begitu rentan disusupi hacker. Dengan malware tersebutlah nantinya Hacker akan mendapatkan informasi login akun perbankan si pemilik ponsel.

Jika sampai bocor, sudah jelas para hacker akan dengan mudah menguras debit di rekening kita. Sejauh berita ini diturunkan, Lebih dari 60 institusi finansial diincar dengan teknik tersebut. Kabar baiknya, Google telah mengamankan celah itu dan sekarang sedang mencari tahu asal muasalnya.

“Ia mengincar beberapa bank di berbagai negara dan malware itu sukses mengeksploitasi end user untuk mencuri uang,” ujar Tim Hansen, pakar keamanan dari biro riset Promon yang menemukannya.

Awalnya, Promon menganalisa aplikasi jahat yang menguras uang di rekening bank. Disebut Strandhogg, celah itu bisa dipakai untuk menjebak user yang berpikir mereka memakai aplikasi resmi, padahal penggunanya tidak tahu bahwa itu adalah aplikasi ‘kloningan’ demi meraup keuntungan dari si pemilik akun.

“Sebelumnya, kami tidak pernah menemukan kasus seperti ini. Seiring makin kompleksnya sistem operasi, sukar untuk mengawasi semua interaksi. Jadi kasus ini adalah kasus yang tidak terjangkau karena semakin rumitnya sistem operasi ini,” papar Tim.

” Kami sangat menghargai tim riset dan analisis yang telah menemukan celah yang bisa merugikan pengguna android. Sebagai tambahan, kami terus menginvestigasinya dalam rangka meningkatkan kemampuan Google melindungi user melawan isu serupa,” sebut Google.

Leave a Comment