Hasil Studi Baru, Obat Ini Mampu Basmi Corona Dalam 48 Jam

Para peneliti dan ahli medis terus berusaha untuk mencari vaksin efektif untuk membasmi virus Corona. Sejauh ini memang belum ditemukan, akan tetapi ada studi yang mengklaim bahwa mereka menemukan sebuah obat yang ampuh membasmi Virus COVID-19 dalam hitungan 48 jam saja.

Studi tersebut berasal dari Monash University dan Doherty Institute. Keduanya bekerja sama untuk menemukan obat yang tepat. Dalam penelitian tersebut, telah ditemukan fakta bahwa obat Ivemectin sangat efektif dalam membasmi COVID-19 hanya dalam waktu 48 jam.

Adapun sebagai informasi, Obat ivermectin sebenarnya merupakan obat anti-parasit yang sebelumnya sudah terbukti efektif dalam mengatasi beragam penyakit termasuk HIV, Dengue, Influenza, dan Zika.

Nah, sejumlah peneliti asal Australia juga telah menemukan fakta bahwa obat itu bisa memberantas Virus Corona atau COVID-19. Dijelaskan oleh Kylie Wagstaff selaku pemimpin dari penelitian ini, bahwa obat itu bisa menghentikan tumbuh kembang sel kultur dari Virus itu sendiri.

“Bahkan kami menemukan bahwa dosis tunggal pada dasarnya dapat menghapus semua virus selama 48 jam dan bahkan pada 24 jam ada pengurangan yang sangat signifikan dalam hal itu,” jelas Wagstaff.

Tidak diketahui secara pasti, bagaimana Ivermectin ini bisa membasmi Virus Corona. Menurutnya, kemungkinan besar obat tersebut menghentikan kinerja virus lewat melemahkan kekuatan sel induk dari Virus tersebut.

Studi yang dipublikasikan di Antiviral Reseach pada Jumat (3/4/2020) ini dilakukan secara in vitro atau di dalam laboratorium. Karenanya, Ujicoba secara klinis terhadap manusia langsung memang perlu dilakukan untuk mengetahui hasilnya.

Meski begitu, Wagstaff sendiri sangat percaya diri bahwa obat Ivermectin ini bisa digunakan sebagai alternatif, selama vaksin Virus COVID-19 belum ditemukan. Karenanya, dia dan tim peneliti berencana melanjutkan studi ini, menemukan dosis yang tepat agar bisa diaplikasikan kepada tubuh manusia.

“Ivermectin sangat banyak digunakan dan merupakan obat yang aman. Kami perlu mencari tahu berapa dosis yang efektif pada manusia,” ungkapnya.

Virus Corona, atau COVID-19 sendiri sudah menjangkiti lebih dari 1.300.000 orang di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, kasus Positif Corona yang sudah terkonfirmasi mencapai 3.500 orang.

Leave a Comment