Google Resmi Rilis Android 11 versi Developer, Ini Fitur Barunya

Google begitu intens dalam mengembangkan Sistem Operasi Android besutan mereka. Setelah beberapa waktu lalu resmi merilis Android 10, kini perusahaan asal California, Amerika Serikat tersebut meluncurkan Android 11.

Hanya saja, Android 11 ini baru dirilis dalam versi Developer, artinya tidak semua pengguna Ponsel seri Pixel bisa menggunakannya. Hanya mereka yang mendaftar sebagai Developer Preview saja yang akan mendapat update terbaru ini.

Alasannya, karena Android 11 masih dalam tahap pengembangan, sehingga potensi adanya bug sangat besar. Bersamaan dengan Android 11 ini, ada beberapa fitur baru yang ditawarkan Google, berikut diantaranya.

Bubbles.

Sebenarnya, fitur yang satu ini sudah sempat diperkenalkan oleh Facebook melalui aplikasi lintas platform mereka. Google lantas menawarkan fitur ini pada Android 11, bedanya fitur tersebut tak hanya bisa memunculkan notifikasi Pesan masuk, tapi juga beberapa aplikasi Messaging seperti Whatsapp, Telegram, dan lainnya.

App permission yang lebih baik.

App Permision sejatinya sudah diperkenalkan sejak Android 10, mirip pada fitur di iOS. Hanya saja, pada Android 11 ini, App Permission tampak lebih baik. Bahkan, pengguna bisa memberikan izin kepada aplikasi untuk sementara waktu mengakses Kamera, Microfon dan lainnya.

Screen recording.

Screen Recording adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk merekam aktivitas layar. Sebelumnya, Google sempat merilisnya pada android 10 beta, malah menghapus fitur ini pada versi Final. Nah, di Android 11, Fitur ini kembali dimunculkan.

Sedangkan perubahan kecil yang dilakukan Google pada Android 11 antara lain :

1. Pengaturan mode gelap secara otomatis.
2. Gesture Motion Sense untuk mengatur pemutaran musik (khusus Pixel 4).
3. Pengaturan untuk meningkatkan sensitivitas layar sentuh di Pixel 4.
4. Airplane mode tak lagi mematikan koneksi Bluetooth untuk audio.
5. Tampilan antarmuka untuk screenshot baru, namun opsi ini masih tersembunyi dan tak muncul otomatis.

Tentu saja selain yang disebutkan di atas, ada beberapa perubahan tak terlihat, seperti dukungan lebih baik untuk ponsel layar lipat, waterfall display, dan dukungan konektivitas 5G yang lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Comment