Gantikan Ronald Koeman, Frank De Boer Jadi Pelatih Timnas Belanda

Setelah selama satu bulan lamanya kursi pelatih Timnas Belanda tidak bertuan, akhirnya KNVB resmi menunjuk Frank De Boer sebagai penerus Ronald Koeman yang beberapa waktu lalu merapat ke Barcelona.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Ronald Koeman memang telah ditunjuk untuk menjadi pelatih Barcelona pasca berakhirnya era Quique Setien.

Setien sendiri didepak dari kursi manajer lantaran hasil buruk yang didapat klub musim kemarin, dimana Barca tak hanya gagal pertahankan gelar La Liga tapi juga tersingkir mengenaskan dari ajang Liga Champions.

Kedatangan Koeman sendiri secara otomatis meninggalkan kekosongan di kursi pelatih Timnas Belanda. KNVB sempat menunjuk Dwight Lodeweges untuk sementara waktu.

Dibawah arahannya, Timnas Belanda berhasil meraih satu kemenangan dari dua laga di UEFA Nations League bulan September lalu. Namun, KNVB tampaknya tak cukup yakin dengan Lodewegs dan akhirnya menunjuk Frank De Boer sebagai pelatih tetap.

Sebelumnya De Boer diketahui menukangi klub MLS, Atlanta United. Di tangannya, ia berhasi membawa tim tersebut jadi runner-up pada klasemen akhir Eastern Conference MLS musim 2020 kemarin.

Namun perlu diketahui bahwa perjalanan karir De Boer di klub tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Ia ditunjuk sebagai pelatih Belanda setelah dua bulan meninggalkan Atlanta karena awalan buruk yang dialami di MLS musim ini.

Berdasarkan keterangan resmi dari KNVB, Kontrak De Boer di Tim Nasional Belanda tidak berlangsung lama, hanya sampai piala Dunia 2022 mendatang.

Pria berusia 50 tahun tersebut sebelumnya sempat menangani Ajax Amsterdam dan meraih sukses disana. Akan tetapi, setelah meninggalkan klub Belanda tersebut, karirnya mengalami kemerosotan.

De Boer merasakan pahitnya pemecatan saat menukangi Inter Milan dan Crystal Palace.

Bahkan di Inter Milan sendiri dia hanya bisa bertahan selama kurang lebih tiga bulan saja. Namun demikian, hal tersebut lebih baik dibanding saat menangani Crystal Palace, dimana de Boer hanya bertahan selama 10 pekan saja.

Sejauh ini, belum ada tanggapan dari para pemain Tim Nasional Belanda terkait dengan penunjukkan Frank De Boer sebagai manajer baru mereka.

Leave a Comment