Gagal Juara Musim Ini, Fabio Quartararo Pantang Frustrasi

Kegagalan menjadi juara dunia di ajang MotoGP Musim 2020 ini mungkin membuat Fabio Quartararo merasa kecewa, namun rider Tim Petronas Yamaha SRT itu enggan merasa frustrasi dan berencana untuk menjadikannya sebagai pelajaran untuk masa mendatang.

Perburuan gelar MotoGP Musim 2020 ini memang telah berakhir di Seri Valencia akhir pekan kemarin. Adalah Joan Mir yang finish di posisi ke-7 berhasil meraih gelar juara, lantaran tak terkejar lagi oleh para rivalnya dengan satu balapan tersisa.

Ya, para rival terdekat Joan Mir malah meraih hasil buruk pada Sirkuit Ricardo Tormo akhir pekan kemarin. Contohnya Fabio Quartaro yang gagal mencapai garis finish setelah terjatuh pada lap ke sembilan di tikungan 6.

Quartararo sendiri mengakui bahwa performanya di GP Valencia akhir pekan kemarin sangat buruk.

“Hari ini kami memang kalah, tapi semua sudah berawal sejak lama. Sejak lama kami kehilangan banyak poin, baik dari kesalahan saya sendiri maupun masalah teknis. Sayangnya saya tak bisa apa-apa hari ini, saya tak punya ritme yang baik,” ujarnya via MotoGP.com.

Rider Tim Petronas Yamaha SRT ini mengatakan bahwa dia memang terlalu ngotot untuk meraih hasil bagus dan mempertahankan peluang juara musim ini, sehingga malah yang terjadi adalah sebaliknya.

“Saya kelewat ngotot, merasa kami bisa lebih baik dari sekadar finis ke-10, sampai-sampai melakukan banyak kesalahan. Kami harus merenung. Pengalaman ini bakal bagus untuk masa depan, walau sulit diterima hari ini,” tuturnya.

Quartararo yang berasal dari Prancis ini jelas merasa kecewa, mengakui titik lemahnya musim ini. Namun begitu, dia enggan terus bermuram durja serta menatap masa depan dengan pembelajaran yang lebih banyak.

“Memang benar bahwa seharusnya kami bisa tampil lebih baik, dan memaksa pertarungan terjadi di Portimao. Tapi kami memang tidak tampil baik. Kini saya pun berusaha mengakhiri musim dengan suasana hati yang baik, saya tetap termotivasi,” lanjut Quartararo.

Duduk di peringkat ke-5 pada klasemen sementara, Quartararo masih akan menjalani satu balapan lagi, tepatnya di GP Portugal pada 20-22 November 2020 mendatang.

Leave a Comment