Franco Morbidelli Adalah Ikon dari VR46 Academy

Valentino Rossi melayangkan sanjungan kepada salah satu pebalap didikannya di Tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, setelah yang bersangkutan berhasil naik podium untuk pertama kali pada seri ketiga akhir pekan kemarin.

Sebagai informasi, Morbidelli merupakan rider pertama hasil didikan tim akademi Valentino Rossi atau VR46 Academy.

Perjalanannya untuk mencapai kelas tertinggi bisa dikatakan tidak mudah. Lebih dulu bersaing di European Superstock 600, kemudian hijrah ke Moto2 pada 2014. Tiga tahun berselang, atau pada tahun 2017, Morbidelli jadi juara moto2 dan akhirnya naik ke MotoGP.

Dengan keberhasilannya jadi juara di ajang Moto2, Morbidelli menjadi anggota VR46 pertama yang mampu jadi juara dunia.

Dia sempat membela Honda, namun sayang tunggangan yang disediakan pabrikan sayap tunggal tidak cocok dengan gaya balapnya. Alhasil sejak 2019 kemarin, Morbidelli lantas bergabung dengan Tim Satelite Yamaha, Petronas SRT.

Tapi, podium pertama baru diraih Morbidelli pada seri ketiga musim ini di Sirkuit Brno, Republik Ceko akhir pekan kemarin. Pencapaian inilah yang membuat Rossi merasa bangga.

“Franco menjalani pekan balap yang baik. Ia layak naik podium karena sangat kuat sejak uji coba pramusim. Harusnya ia jadi pembalap tip, tapi tahun lalu Fabio sangat impresif dan bikin kaget. Bagi psikis Franco, ini tak mudah,”

“Tapi menurut saya, Franco punya potensi besar dan saya rasa ia bisa ikut memperebutkan kemenangan di MotoGP dalam waktu dekat. Ia benar-benar pemimpin kami, ia mendapatkan podium pertama VR46 Academy di MotoGP, dan kami sangat senang,” ungkap Rossi via Corsedimoto.

Ada juga rider lain yang mulai menunjukkan potensi, seperti Pecco Bagnaia. Kemudian ada Luca Marini dan Marco Bezzecchi juga konsisten tampil di papan atas Moto2.

Perkembangan para rider Vr46 ini membuat Rossi sangat bangga, dia yakin di masa depan mereka bakal jadi penantang serius dalam perburuan gelar juara dunia.

“Kami sangat bangga pada Franco dan semua rider Academy. Kami bekerja dengan sangat baik, membantu mereka menemukan tim dan motor yang baik. Jadi, kami tak hanya memanajeri melatih mereka. Saya rasa mereka sangat kuat, dan mereka bisa jadi ancaman di masa depan,” pungkas Rossi.

Leave a Comment