Foto Di Ponsel Tak Sengaja Terhapus ? Ini Cara Kembalikannya

Ponsel atau Handphone di Zaman sekarang ini sudah berubah fungsi, tidak hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga sebagai media untuk bermain game, membaca buku, merekam video, audio dan mengambil gambar atau foto. Kamera pada ponsel sekarang ini adalah komponen yang sangat wajib.

Orang-orang kini tidak perlu menggunakan kamera untuk mengabadikan momen tertentu, karena sudah ada kamera pada ponsel dengan beragam fitur yang ditawarkan. Namun, bisa saja momen itu terhapus dari telepon genggam baik disengaja atau pun tidak. Terkadang, kita secara tidak sengaja menghapus file foto tersebut.

Tentu saja sangat disayangkan jika yang hilang adalah foto-foto pada saat momen langka, tapi kini para pengguna smartphone tidak perlu panik. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang secara tidak sengaja terhapus dari ponsel kita.

1. DigDeep

– Download aplikasinya di Playstore, lalu jalankan seperti biasa
– Setelah berjalan, aplikasi ini akan melalui proses loading yang cukup lama, sabar saja menunggu sampai muncul semua foto yang ada di ponsel kita
– Setelah menemukan foto yang ingin Anda kembalikan, tandai foto tersebut lalu tap Restore.
– Setelah selesai, akan ada pilihan ‘Check’ untuk melihat hasil kerja aplikasi tersebut, apakah foto yang hilang sudah kembali atau belum.
– Untuk melihat foto yang telah dikembalikan, buka aplikasi Gallery kemudian temukan folder Restore Pictures.

Akan tetapi perlu dicatat bahwa aplikasi ini tidak bisa mengembalikan semua foto yang telah terhapus, jadi sebaiknya lebih berhati-hati.

2. Restore Image

– Download aplikasi, dan jalankan setelah proses instal berlangsung
– Buka aplikasi kemudian pilih opsi “Search the image you want to restore”
– Pilih Folder, kemudian pilih Restore
– Setelah proses restore selesai, otomatis foto-foto yang tadi terhapus akan muncul lagi di galery ponsel anda..

Demikianlah langkah-langkah mengembalikan foto yang terhapus di ponsel kita, entah sengaja atau tidak. Jangan pernah lupa Anda untuk mem-backup foto di ponsel kita denngan flashdisk atau laptop, supaya tidak panik ketika foto tersebut terhapus.

Leave a Comment