Fakta-Fakta tentang Memanaskan Mesin Motor

Merawat motor di rumah memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain tentu saja rutin mengganti oli dan mencucinya, orang-orang biasanya secara rutin memanaskan motor mereka ketika sudah lama tidak digunakan.

Biasannya, orang-orang akan memanaskan mesin motornya di pagi hari, setelah tidak digunakan selama semalaman, atau seharian. Lantas, apakah ritual memanaskan mesin motor ini memang perlu dilakukan ? Apakah memang bisa membuat motor kita lebih awet ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa fakta menarik tentang memanaskan mesin motor.

Tidak Perlu Untuk Motor Bermesin Injeksi

Perkembangan teknologi membuat motor yang beredar sekarang sudah memiliki mesin yang mutakhir. Contoh saja Fuel Injection atau F1 atau bisa dikenal dengan istilah Mesin Injeksi. Jika motor anda di rumah sudah menggunakan motor Injeksi, maka ritual memanaskan motor tidak perlu dilakukan.

Tapi jika memang sudah terbiasa, ritual tersebut boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya jangan menarik gas berkali-kali. Cukup biarkan saja motor dalam posisi idle.

Waktu Yang Tepat

Ternyata memanaskan motor itu tidak dilakukan dengan asal-asalan atau sembrono. Seperti salah satunya terkait lamanya kegiatan tersebut, karena tidak dianjurkan untuk berlama-lama mamanaskan tunggangan kesayangan. Waktu yang baik untuk melakukan ritual ini adalah 3 sampai 5 menit saja.

Menggunakan Kick Starter atau Starter Kaki

Biasanya, kita memanaskan motor dengan menggunakan Kick starter atau starter kaki. Ternyata cara ini memang benar. Pasalnya, motor yang sudah berjam-jam tidak digunakan akan membuat aki sebagai sumber energi berada dalam kondisi dingin.

Jika menggunakan starter tangan atau electric starter, maka komponen listrik pada motor akan terbebani, sehingga aki mudah soak. Terlebih jika motor tidak pernah digunakan sampai berminggu-minggu.

Tujuan Memanaskan Motor

Memanaskan motor bagi kebanyakan orang tujuannya adalah agar mesin lebih awet dan aki tidak mudah soak. Memang benar itu adalah salah satu manfaatnya. Tapi lebih lengkap, ritual memanaskan motor bertujuan agar Kinerja Motor jadi maksimal.

Sirkulasi Oli pada mesin akan lancar, dan komponen-komponen tidak akan kaget karena tiba-tiba digunakan. Hal ini sama seperti para atlet yang melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum beraktivitas, dengan tujuan menghindari cedera dan menampilkan performa terbaik.

Leave a Comment