Fakta-Fakta Menarik Tentang Ikan Vampir

Hutan Amazon masuk dalam kategori hutan terbesar di dunia, dengan banyak terdapat hewan-hewan langka di dalamnya, termasuk diantaranya Ikan Vampir. Ikan ini memiliki tampilan yang mengerikan, giginya tajam menjulang ke atas bak vampir yang ada di film layar lebar. Nah, berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang ikan Vampir yang jarang diketahui.

1. Punya gigi yang super tajam

Ketika baru lahir, Ikan Vampir memiliki rahang yang berlubang, tapi bukan tanpa tujuan, lubang pada rahang mereka tersebutlah tempat tumbuhnya gigi taring yang super tajam. Taringnya juga sangat panjang, bisa menjulang sampai 10-15 cm di atas dan di bawah.

2. Bisa tumbuh sampai 20 Kg

Sebagai ikan predator di sungai Amazon, Ikan Vampir ternyata bisa tumbuh besar, bahkan ikan vampir terberat yang pernah ditemukan mencapai angka 20 Kg, tapi umumnya bobot ikan vampir antara 8-10 Kg.

3. Ikan yang agresif & temperamental

Sesuai dengan tampangnya, Ikan Vampir ternyata juga garang, agresif dan tempramental. Mereka siap melahap mangsa yang ada di sekitarnya. Ikan jenis ini tidak suka ditempatkan dalam satu akuarium berisi jenis ikan lain, mereka tak akan segan melahap ikan-ikan tersebut.

4. Bisa memakan piranha

Ikan Vampir sangat agresif, bahkan Ikan Piranha yang terkenal ganas masih kalah dengan ikan yang satu ini. Ikan Vampir bisa memangsa piranha dengan mudah. Giginya yang sangat tajam akan dengan mudah mencabik bahkan meremukkan kepala piranha. Bisa dibilang, ikan Vampir adalah super predator yang membuat ikan ganas seperti Piranha lari ketakutan.

5. Tidak menyerang manusia

Kendati agresif dan tempramental, faktanya ikan Vampir tidak menyerang manusia, kecuali dalam kondisi terdesak atau saat mereka merasa terancam. Ada banyak pemancing yang terkena gigitan ikan ini, tapi hanya meninggalkan bekas luka saja, tidak sampai tewas.

6. Perenang yang handal

Ikan Vampir hidup di perairan Amazon yang berarus deras, kencang dan berbahaya. Bisa dipastikan, ikan Vampir memiliki kemampuan berenang yang sangat baik. Mereka juga dikenal memiliki kemampuan navigasi yang sangat baik. Mereka punya ukuran sirip yang besar, dengan begitu ikan Vampir bisa mengubah arah renang mereka dengan cepat dan sigap.

Leave a Comment