Everton Akhirnya Pecat Marco Silva

Liverpool sepertinya memang ‘ahli’ dalam menentukan nasib seorang pelatih, setelah sebelumnya kemenangan mereka atas Manchester United membuat Jose Mourinho didepak dari kursi manajer musim lalu, kini giliran Marco Silva yang didepak Everton gara-gara kekalahan dari The Reds pada pertandingan tengah pekan kemarin.

Sebagaimana diketahui, Everton bertandang ke Anfield untuk berhadapan dengan sang rival sekota, Liverpool pada Matchdays ke-15 Premier League, Kamis dinihari WIB (5/12). Dalam pertandingan tersebut, tim arahan Jurgen Klopp tampak tak terbendung, mereka menang dengan skor telak 5-2.

Kemenangan ini bagi Liverpool semakin memperkuat posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, tapi bagi Everton, kekalahan ini justru semakin memperkeruh situasi. Faktanya, Ini merupakan kekalahan ketiga beruntun bagi Everton. Mereka juga kalah dalam delapan dari 11 laga terakhir di Liga Inggris.

Akibat performa yang bobrok di awal musim ini, The Toffees haya mengoleksi 14 poin dari 15 pertandingan yang telah berlangsung. Dengan jumlah yang sangat minim tersebut, Everton kini berada di posisi ke-18 pada klasemen sementara. Memang, musim masih sangat panjang, masih ada 23 pertandingan lagi untuk dimainkan.

Akan tetapi, sepertinya Everton sudah tidak tahan lagi dengan pelatih mereka, Marco Silva. Alhasil, klub sepakat untuk mengakhiri masa jabatan manajer asal Spanyol tersebut di Goodison Park. Kabar ini dikonfirmasi langsung pihak Everton lewat situs resminya.

“Everton mengonfirmasi kalau Silva sudah meninggalkan klub. Kami berterima kasi untuk kerjanya selama 18 tahun dan mendoakan yang terbaik untuknya. Duncan Ferguson akan menangani tim saat Everton melawan Chelsea. Kami akan mengumumkan pengganti Silva secepatnya,” Demikian pernyataan resmi Everton melalui situs klub.

Sejauh ini belum ada sosok baru yang ditunjuk Everton untuk menggantikan Marco Silva, tapi Kabarnya, Mereka akan kembali merekrut mantan manajernya, David Moyes. Moyes masih menganggur usai keluar dari West Ham tahun 2018. Moyes bukan sosok asing bagi Everton. Selama 11 tahun manajer asal Skotlandia itu menukangi tim utama The Toffees, lalu pindah ke Manchester United pada tahun 2013.

Marco Silva menambah daftar pelatih yang dipecat klub Premier League dalam sebulan terakhir, sebelumnya ada Mauricio Pochettino dan Unai Emery yang dipecat dua klub London Utara, Tottenham dan Arsenal.

Leave a Comment