Ernesto Valverde, Salah Satu Pelatih Terbaik Dalam Sejarah Barca

Barcelona baru saja resmi mendepak manajer mereka yang tidak lain adalah Ernesto valverde. Pemecatan in sudah diprediksi sebelumnya, setelah tersingkirnya raksasa Catalan dari ajang Piala Super Spanyol. Namun sebenarnya, mantan pelatih Atheltic Bilbao ini adalah salah satu pelatih terbaik dalam sejarah klub jika kita berbicara mengenai statistik yang ada.

Pada 2017 lalu, Ernesto Valverde resmi ditunjuk Barcelona untuk menggantikan Luis Enrique yang saat itu mundur dari jabatannya. Mantan pelatih Athletic Bilbao itu langsung membawa Barcelona juara La Liga 2017/18, dan mempertahankan gelar itu di musim 2018/19. Jika ditotal, sudah 145 pertandingan dilalui pria berusia 55 tahun ini di semua ajang untuk Barcelona.

Faktanya, dari total 145 pertandingan tersebut, Barcelona arahannya berhasil meraih 97 kemenangan dan hanya 16 kali telan kekalahan, sisanya berakhir imbang. Tak sampai disitu, kenyataannya juga, Barcelona di era kepelatihan Valverde juga mencetak total 339 gol dan kecolongan sebanyak 128 gol.

Dari rasio kemenangan Barcelona di ajang La Liga Spanyol, faktanya Ernesto Valverde berada di urutan terbaik ke-5 sepanjang sejarah, dia hanya kalah dari mendiang Tito Vilanova, Josep Guardiola, Luis Enrique, dan Gerardo Martino. 66 Kemenangan diraih dari total 95 pertandingan La Liga, dengan rasio total mencapai 69,5 Persen.

Faktanya, hanya ada empat pelatih dalam sejarah Barcelona yang meraih rasio kemenangan lebih dari itu di La Liga, dan mereka adalah empat nama yang kami sebutkan sebelumnya. Namun, kekurangan utama Valverde adalah kegagalannya membawa Barcelona bisa berbicara banyak di ajang Liga Champions Eropa.

Pada musim pertamanya, langkah barca terhenti di babak perempat final, sedangkan pada musim berikutnya atau musim kemarin, Barcelona dijegal Liverpool di semifinal. Ironisnya, dua kegagalan itu semuanya didahului kemenangan tiga gol di Camp Nou pada leg pertama. Hal ini bisa dikatakan jadi pertimbangan utama Barcelona mendepak Valverde.

Adapun, raksasa Catalan langsung menujui Quique Setien untuk menggantikan Valverde. Pria 61 tahun Spanyol ini sebelumnya pernah melatih Racing Santander (2001-2002), Las Palmas (2015-2017), dan Real Betis (2017-2019). Dia dikenal sebagai pelatih yang mengusung filosofi bermain atraktif, sama seperti filosofi Barcelona.

Leave a Comment