Dorna Sports Serius Tatap Wacana Gelar MotoGP Tanpa Penonton

Saat ini, kelanjutan kompetisi MotoGP masih belum jelas. Solusi terbaik di tengah-tengah pandemi Virus Corona ini adalah dengan cara menggelar balapan tanpa penonton. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta pun bertekad untuk mewujudkan wacana tersebut.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Ezpeleta mengaku akan terus menggodok wacana tersebut dan bagaimana seharusnya protokolnya berjalan. Rumitnya, Meski tanpa penonton, MotoGP sebenarnya tetap melibatkan banyak orang.

Pasalnya, ada yang bekerja di Paddock maupun yang harus tetap berada di Sirkuit sebagai official balapan. Karenanya, Dorna Sports akan berusaha menekan angka orang yang berada selama balapan berlangsung demi tujuan mendapat izin dari Pemerintah setempat.

IRTA diklaim juga sudah mengirimkan surat kepada semua kontestan motoGP, Moto2 dan Moto3 untuk memberikan informasi berapa orang yang kira-kira kehadirannya sangat krusial dalam sirkuit maupun paddock selama balapan berlangsung.

“Kami tengah mempersiapkan protokol bersama pihak-pihak otoritas yang relevan, contohnya Dewan Olahraga di Spanyol dan Komite Olimpiade Italia, ditambah laboratorium-laboratorium berbeda, yang bisa mengendalikan seluruh isi paddock Grand Prix,” ujar Ezpeleta.

Kira-kira ada 1000 orang yang harus hadir dalam balapan MotoGP, namun Ezpeleta menekankan bahwa angka tersebut sebisa mungkin harus dikurangi.

“Dalam skenario yang saat ini telah kami pertimbangkan, bisa jadi akan ada balapan-balapan tanpa penonton, dengan jumlah personel sesedikit mungkin di sirkuit, baik dari tim maupun penyelenggara,” ungkap Ezpeleta.

Usaha serius juga dilakukan Dorna Sports terkait wacana ini, dengan menyediakan 10.000 test COVID-19 ini. Nantinya, semua orang yang terlibat dalam balapan harus menjalani tes dua kali dalam sehari setiap akhir pekan.

“Kami telah berdiskusi dengan perusahaan yang dimiliki Bridgepoint (juga induk perusahaan Dorna) soal kemungkinan menyediakan 10.000 test virus corona, untuk melakukan tes kepada seluruh anggota keluarga MotoGP pada awal dan akhir tiap hari,” pungkasnya.

Total sudah ada tujuh seri pertama motoGP musim 2020 yang telah ditunda akibat pandemi ini. Padahal, dua ujicoba pra musim sudah digulirkan, masing-masing di Sirkuit Sepang, Malaysia dan di Sirkuit Losail, Qatar pada Bulan Februari lalu.

Leave a Comment