Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Sempat Nyaris Berduet di Barca

Rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah begitu mendunia dalam kurang lebih 15 tahun terakhir ini. Kedua pemain tersebut benar-benar menyuguhkan permainan yang menghibur para penikmat sepakbola.

Bermula ketika Cristiano Ronaldo masih berkostum Manchester United, rivalitasnya dengan Messi pun tampak semakin menarik saat yang bersangkutan memilih hengkang ke Real Madrid di tahun 2009.

Sejak saat itu, Ronaldo dan Messi bertemu langsung di lapangan pada banyak kesempatan. Rivalitas keduanya sudah sangat sering jadi perdebatan, sehingga sangat sulit untuk membayangkan kedua pemain menjadi rekan satu tim.

Namun, ternyata pernah ada kesempatan dimana Ronaldo hampir bertandem dengan Lionel Messi di Barcelona. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan presiden Real Madrid, Ramon Calderon.

The Sun Melansir bahwa Ramon Calderon belum lama menungkap banyak rahasia transfer di masa lalu kepada salah satu media ternama Spanyol, AS.

Salah satunya rahasia bahwa Manchester United pernah menawarkan Ronaldo ke Barcelona pada tahun 2009. Kabarnya, Sir Alex Ferguson saat itu lebih senang melihat Ronaldo bermain di Barca, bukan di Real Madrid.

Diungkapkan oleh Calderon bahwa sebenarnya saat itu Barcelona sudah menunjukkan minat mereka kepada Cristiano Ronaldo, tapi pada akhirnya pemain Portugal memilih hengkang ke Real Madrid.

Ronaldo sendiri tidak punya banyak opsi. Kabarnya di kontrak yang dia teken pada Desember 2008 itu, tercantum klausul bahwa dia harus membayar denda 30 juta euro jika bergabung dengan klub lain.

Pada tahun 2009, Ronaldo akhirnya benar-benar bergabung dengan Real Madrid lewat nilai transfer mencapai 96 Juta Euro, tertinggi saat itu. Dia menghabiskan sembilan tahun karirnya bersama Los Blancos, dengan meraih 4 titel Liga Champions Eropa diantaranya.

Berdasarkan komentar Calderon, artinya ada kemungkinan Ronaldo main bareng Messi di bawah Pep Guardiola. Andai sampai terwujud, Barcelona mungkin memiliki skuad terbaik di dunia pada era tersebut.

Tentu saja akan sangat menarik jika Ronaldo bergabung dengan Barcelona dan melihatnya bertandem dengan Messi. Tapi, para penikmat sepakbola sudah cukup terhibur dengan rivalitas mereka selama 15 tahun terakhir.

Leave a Comment