Claude Makelele Pulang Kampung ke Chelsea

Jumat, 2 Juli 2019 kemarin Chelsea secara resmi memberikan informasi kepulangan Claude Makalele ke dalam skuat timnya dalam persiapan menjalani musim 2019-2020. Kepulangan Makalele ini memastikan satu jabatan penting di staf kepelatihan Frank Lampard sebagai mentor teknis untuk para pemain muda telah terisi penuh.

Berbicara karir Makalele di Premier League Inggris, maka sosoknya terbilang cukup lama membela tim asa London Utara tersebut. Tercatat lima musim Makalele berjuang bersama Chelsea dalam perburuan gelar domestik hingga Eropa, dan sebelum Chelsea, Makalele juga pernah bermain di Nantes.

Chelsea pantas berterima kasih terhadap jasa Makalele karena sukses mengantarkan gelar juara musim 2004-2005 dan 2005-2006 Premier League. Saat ini, Makalele diketahui sedang menimba ilmu kepelatihan dan sudah berkeliling ke empat klub berbeda.

Makalele memulai perjuangan barunya ini bersama Paris Saint Germain sebagai asisten pelatih selama dua musim. Terakhir dia mendapat kesempatan menjadi pelatih utama dari tim liga Belgia, Eupen sejak musim 2017.

Kini semua terulang sebagai lembaran baru, dan belum lama ini tawaran menjadi staff kepelatihan Frank Lampard bersama Chelsea pun langsung diterima Makalele. Jika membedah lebih dalam, maka pekerjaan Makalele lebih dekat kepada melakukan pendekatan dengan para pemain muda, terutama yang masih memperkuat akademi, secara individual.

Secara keseluruhan Makalele melakukan analisa terkait di dalam latihan maupun ketika tampil di atas lapangan pertandingan resmi. Tak berhenti sampai disitu saja, Makalele juga mendapat tugas untuk memantau perkembangan para pemain pinjaman Chelsea.

Di struktur jabatannya, Makalele tidak sendirian dan akan dibantu oleh mantan rekan setimnya terdahulu, Carlo Cudicini dan Paulo Fereira. Jika merujuk pada jabatan, maka jelas mengalami penurunan namun dirinya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada karena bisa sedikit menambah pengalaman.

Terlebih lagi Makalele menyampaikan rasa senang yang begitu mendalam jika nantinya bisa mewujudkan mimpi dari para pemain muda untuk masuk ke dalam skuat utama Chelsea di masa mendatang.

“Senang rasanya bisa kembali ke rumah. Klub ini telah memberikan banyak hal kepada saya, dan sekarang saya ingin membalas budi dan membantu pemain muda Chelsea memimpikan karir di dunia sepak bola. Saya akan berbagai pengalaman untuk membantu mereka menjadi sosok profesional di setiap aspek, dan saya sudah tidak sabar ingin segera memulai,” demikian pernyataan Makalele kepada media.

Leave a Comment