Cara Masak Daging Ayam Agar Masak Sempurna

Daging Ayam, tidak dipungkiri merupakan salah satu menu olahan favorit di Rumah, karena ada banyak beragam menu yang bisa diolah. Contoh saja Opor Ayam, Ayam Bakar, Semur Daging, Soto Ayam, atau yang paling mudah ayam goreng. Tapi, menariknya tidak banyak yang tahu bagaimana caranya memasak daging ayam agar matangnya sempurna, meresap sampai ke dalam.

Karena banyak kisah ibu-ibu di rumah yang mengolah daging ayam, tapi matangnya tidak sampai ke dalam, sehingga meninggalkan rasa ‘aneh’ saat menyantapnya hingga ke tulang-tulang. Memang, jika kurang bisa mengolahnya, daging ayam justru tidak matang sempurna hingga bagian yang terdalam. Jika sudah seperti ini, ayam harus dimasak lagi hingga beberapa kali.

Tentu saja itu cara yang cukup rumit, karenanya disini kami akan membagikan tips memasak daging ayam agar matang sempurna sampai ke dalam.

1. Jangan potong terlalu besar

Memotong daging ayam sebaiknya tidak terlalu besar. Sebagai informasi, Memotong ayam dengan potongan yang tidak terlalu besar akan mempersingkat waktu memasak karena dengan demikian, daging bakal lebih cepat matang dibanding potongan yang besar. Terutama jika ingin menggoreng ayam krispi yang rawan tidak matang bagian dalamnya. Saran saja, sebaiknya meminta langsung ke penjual daging untuk memotong daging ayam menjadi bagian-bagian kecil.

2. Sayat daging di beberapa sisi

Pada beberapa menu masakan, terkadang potongan ayam yang besar memang dibutuhkan. Lantas, bagaimana cara menyiasatinya supaya matang sempurna ? Gampang saja, beri sayatan pada daging ayam di beberapa sisi agar daging bagian dalam lebih mudah matang, entah itu nantinya digoreng, panggang, atau olahan kuah.

3. Lebih Baik Direbus Dulu

Cara teraman untuk memasak daging ayam agar masak sempurna adalah dengan cara merebusnya selama beberapa menit. Jika sudah direbus paling tidak 30 menit, ayam tidak perlu digoreng terlalu lama.

4. Dimasak agak lama

Andai memang tidak ada waktu yang cukup untuk merebus daging ayam terlebih dulu, tenang saja, masih ada cara lain. Misalkan ingin membuat ayam goreng, pastikan menggorengnya dalam waktu lama dengan minyak banyak hingga ayam tenggelam. Saran, jangan menggunakan api besar, ini akan membuat daging ayam matang di luar.

Leave a Comment