Bukan Karena Covid, Begini Kronologi Meninggalnya Syekh Ali Jaber

Kabar duka menyelimuti masyarakat muslim Indonesia, karena salah satu ulama’ besar mereka, Syekh Ali Jaber telah wafat atau meninggal dunia pada Kamis pagi, 14 Januari 2021.

Banyak yang bertanya-tanya mengenai penyebab meninggalnya Syekh Ali Jaber. Banyak yang berasumsi bahwa sang Ulama’ meninggal dunia karena Covid-19, mengingat Almarhum pernah mengidap penyakit tersebut dan mendapatkan perawatan Intensif.

Namun, bisa dipastikan bahwa asumsi tersebut tidak benar, hal ini dijelaskan juga oleh Ustaz Yusuf Mansur. Dikatakan bahwa semala, Syekh Ali Jaber sempat berada dalam kondisi kritis.

“Semalam mulai kritis jam 23.00 WIB. Sudah pasang ventilator kurang lebih 16 hari,” kata Yusuf Mansur dalam pesan singkat kepada detikcom.

Kemudian, lewat akun instagram pribadinya, Ustaz Yusuf Mansur mengunggah foto Alm. Disertai caption berikut:

“Meninggal pukul 8.30 WIB di RS Yarsi Cempaka Putih,” tulisnya.

Sedangkan soal asumsi bahwa Syekh Ali Jaber meninggal dunia karena Virus Corona, hal ini juga dibantah tegas Ustaz Yusuf Mansur.

Dia menegaskan bahwa Syekh Ali Jaber meninggal dalam kondisi Negatif Covid-19, tapi Alm. Memang memiliki penyakit paru-paru yang sudah lama dideritanya.

“Ada penyakit penyerta, paru-paru. Tapi wafat udah negatif COVID-19,” sambung Yusuf Mansur.

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa Syekh Ali Jaber memang sempat dilarikan ke Rumah Sakit karena positif covid-19. Beliau bahkan sempat masuk ke ruang ICU karena membutuhkan perawatan intensif dan agar bisa benar-benar beristirahat.

Beberapa hari lalu, kondisi Syekh Ali Jaber sempat mengkhawatirkan lantaran fotonya di ICU tersebar. Dalam foto tersebut, nampak Syekh Ali Jaber mengenakan ventilator atau alat bantu pernafasan.

Ada isu yang menyebut bahwa kondisi Syekh Ali Jaber sedang kritis, namun dari foto tersebut pihak Yayasan Syekh Ali Jaber memberikan bantahan serta mengatakan kondisi sang ulama makin membaik.

Sayang, tak lama setelah sembuh dari covid, Syekh Ali Jaber kritis karena penyakit pada paru-paru yang sudah lama dia derita. Sang Ulama’ meninggal dunia pada Kamis, 14 Januari 2021.

Menurut informasi yang terdengar, Syekh Ali Jaber bakal dimakamkan di Lombok.

Leave a Comment