Bisakah Kroasia Mengalahkan Nigeria, Si Elang Super?

Tim Nigeria akan segera menghadapi lawan pertama mereka di Piala Dunia FIFA 2018 tepatnya pada tanggal 17 Juni ini. Mereka akan melawan tim Kroasia yang kuat dan tangguh di stadion Kaliningrad nanti.

Tim Nigeria sendiri telah memasuki turnamen sebagai underdog dan mereka sangat senang dengan tag yang diberikan. Mereka berada di posisi paling bawah di grup D dan tidak memiliki tekanan sama sekali. Kapten John Obi Mikel, yang bermain untuk Tianjin Teda yang berperan sebagai pemain tengah, mengatakan bahwa timnya dapat membuat semua orang kagum dengan permainan mereka. Mereka telah melakukannya sekali ketika mereka lolos saat memenuhi syarat untuk turnamen.

Tim ini memiliki campuran pemain baik yang berpengalaman maupun pemain darah muda,  ini mungkin merupakan rahasia bagi mereka. Para pemain Nigeria tersebar di seluruh dunia dan mereka memiliki bakat yang layak dalam menyerang. Pemain depan, Alex Iwobi memimpin sekelompok penyerang seperti Ahmed Musa, Moses Simon, Odion Ighalo dan Simeon Nwankwo. Pemain bintang tim, Victor Moses yang bermain untuk Chelsea, yang berperan sebagai pemain sayap, adalah pemain yang harus diperhatikan aksinya bersama dengan kapten sendiri yang merupakan pemain tengah. Leon Balogunm, bek asal Brighton dan Hove Albion, meski masih berusia muda, namun ia memiliki pengalaman dan skill cukup baik.

Di bawah pelatih berpengalaman Zlatko Dalic, tim Kroasia telah membuktikan bahwa tim benar-benar bekerja keras. Selain itu, mereka  juga memiliki pemain berkualitas baik di posisi gelandang seperti kapten Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic dari Barcelona dan Marcelo Brozovic dari Inter Milan.

Pertahanan yang sama kuatnya meliputi Darijo Srna, Besiktas ‘Domajog Vida, Vedran Corluka dari Lokomotiv Moscow dan Sime Vrsaliko (Atletico Madrid) membentuk kelompok bek yang tangguh. Langkah ke depan Ivan Perisic (dari Inter Milan) ialah menanti waktu yang tepat untuk melakukan serangan balasan. Mario Mandzukic dari Juventus juga bisa diandalkan dan cukup berbakat. Gelandang bertahan dari Fiorentina yang dianggap sebagai pahlawan dalam tim, namun tidak menerima pengakuan yang layak.

Sebelumnya, Kroasia sempat lolos di ajang piala dunia sebanyak 4 kali bahkan hingga babak semi final. Saat itu, tim memiliki banyak pemain bintang, namun demikian berbeda saat ini, tim tidak lagi memiliki banyak pemain bintang, tetapi mereka memiliki beberapa pemain berkualitas.

Nigeria sendiri telah ikut serta sebanyak 6 dari 7 ajang piala dunia terakhir, jadi mereka bukanlah pemain baru. Nigeria sendiri adalah negara Afrika yang paling dihormati dalam hal sepakbola, ini hanyalah persoalan waktu, semakin banyak mereka bermain dan berlatih, maka suatu saat mereka juga dapat menang di ajang piala dunia.

Saat ini, tim Kroasia tampaknya menjadi favorit.

Leave a Comment