Begini Ternyata Prosedur Operasi Caesar

Ibu Hamil yang sudah memasuki usia 9 Bulan sejatinya sudah memikirkan metode apa yang akan mereka lakukan untuk membantu proses persalinan. Kebanyakan mungkin akan memilih proses operasi caesar, karena selain praktis, rasa sakit juga tidak dirasakan selama persalinan berlangsung. Adapun, berikut adalah prosedur dari operasi caesar.

1. Ibu Dibius

Sebelum operasi berlangsung, Ibu akan terlebih dulu mendapatkan suntikan bius, namun tidak dibius total. Dalam artian ini, ibu akan tetap terjaga selama proses operasi berlangsung, yang mati rasa hanya bagian perut sampai kaki. Perlahan, efek bius akan menghilang setelah operasi, sehingga luka bekas sayatan akan terasa nyeri.

2. Perut Ibu Disayat

Kemudian perut dan rahim ibu akan disayat sekitar 10 sampai 20 centimeter. Umumnya sayatan dibuat horizontal di bawah garis pinggang. Terkadang juga sayatan dibuat dibawah pusar dengan panjang 10 sampai 15 Cm.

3. Bayi Dikeluarkan

Bayi Pasien akan langsung dikeluarkan begitu sayatan sudah dibuat pada bagian tersebut. Dokter akan mengangkat bagian kepala bayi dan bahu terlebih dulu. Proses berlangsung 5 hingga 10 menit. Dokter pun akan memperlihatkan dan memberikan bayi pada ibu setelah dikeluarkan dari perut. Tapi ada beberapa kasus, dimana bayi akan langsung dibersihkan terlebih dahulu.

4. Dokter Keluarkan Plasenta

Setelah bayi keluar, dokter akan langsung mengeluarkan plasenta yang tertinggal di rahim ibu hamil. Dokter juga akan memberikan injeksi hormon oksitosin untuk merangsang kontraksi rahim. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi pendarahan.

5. Tutup Sayatan

Setelah bayi dan plasenta keluar dari perut, yang akan dilakukan dokter adalah menutup sayatan tersebut dengan jahitan. Biasanya proses ini berlangsung selama 20 sampai 40 menit.

6. Ibu Diberi Obat Pereda Nyeri

Setelah operasi berjalan lancar, ibu akan dibawa ke ruang perawatan. Dokter akan memberikan obat pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa sakit pada bekas sayatan. Namun biasanya, ada proses observasi terlebih dulu yang dilakukan selama dua jam, pasca operasi.

Yang perlu diketahui, ibu yang melakukan operasi caesar akan dilarang berhubungan badan selama empat sampai enam minggu. Selain itu jarak ideal kehamilan setelah melahirkan caesar adalah 24 bulan, atau yang paling cepat selama satu setengah tahun.

Leave a Comment