Begini Curhatan Mantan Perokok Yang Paru-Parunya Kolaps

Apakah anda perokok ? Sudah berapa lama anda melakukan kebiasaan tersebut ? Sebaiknya tinggalkan saja, atau anda yang hanya sekedar berencana untuk merokok, sebaiknya urungkan saja. Pasalnya, merokok memang menimbulkan banyak sisi negatif dalam tubuh kita, termasuk diantaranya kanker paru-paru hingga kematian.

Bicara soal bahaya merokok, baru-baru ini Viral Di media sosial soal cerita seorang pria yang harus rela dadanya dilubangi karena kebiasaan merokok. Seam Firdaus (31) dari Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengaku dulu tak pernah menganggap serius imbauan bahaya rokok yang tersebar dimana-mana, sampai akhirnya dia merasakan sendiri dampak dan akibat dari kebiasaan buruk tersebut.

Sebagaimana dilansir detikcom, pria yang diketahui sebagai salah satu mantan abang-none jakarta ini bercerita tentang awal mula penyakit yang dia derita gara-gara merokok. Dia meraskaan sesak hebat di bagian dada sejak Agustus lalu. Hasil rontgen menunjukkan paru-paru kolaps atau dalam dunia medis sering disebut pneumotoraks (pneumothorax).

Mendengar penjelasan dari dokter, Daus sendiri langsung lemas tak berdaya, kaget dan seolah tidak percaya.

“Setelah hasil rontgennya keluar baru ketauan sesak napas saya karena apa, ternyata paru-paru kanan saya kempes dan harus diambil tindakan operasi untuk pasang selang. Itu antara kaget, takut, lemas juga dengernya karena seumur hidup saya nggak pernah dirawat di rumah sakit. Sekalinya masuk ke rumah sakit langsung sakit lumayan parah begini,” kata Daus saat dihubungi Detikcom.

Apa yang dirasakan daus juga diunggahnya lewat Facebook, tak hanya sekedar kata-kata, dia juga mengunggah foto-foto saat dirinya mendapat perawatan dari dokter. Beberapa netizen ada yang mendoakan kesembuhannya, tapi ada juga yang tidak percaya. Bagi yang tidak percaya Daus memaklumi karena ia sendiri juga pernah tidak percaya dengan hal tersebut di masa lalu.

“Wajar saja mereka para perokok tidak percaya dengan apa yang saya alami. Dulu pun saya sempat nggak percaya atau mengabaikan artikel-artikel atau berita-berita tentang bahaya merokok. Namun setelah saya rasakan sendiri, ternyata seperti ini akibatnya,” tambah daus yang saat ini memang masih menjalani masa pemulihan.

Leave a Comment