Arab Saudi Tepis Kabar Beli Saham MU

Sudah 2 pekan terakhir ini publik Inggris dihebohkan dengan kabar burung yang menyebutkan pihak dari negara Arab Saudi akan segera mengakuisisi klub besar Premier League Inggris, Manchester United. Heboh mendengar pemberitaan ini, pihak dari Arab Saudi pun akan suara.

Melalui pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini, Arab Saudi menepis semua kabar tersebut dengan tidak ada keinginan membeli saham Setan Merah. Akan tetapi membenarkan bahwa mereka telah melakukan pertemuan terbuka dengan pihak Manchester United terkait masalah sponsorship.

Pangeran Mohammed bin Salman masuk dalam gosip kabar tersebut dengan klaim sudah menyiapkan dana super brilian untuk bisa mengakuisis Manchester United. Adapun kabar ini melanjuti kabar yang pernah datang pada awal musim 2018 kemarin, dimana pihak Arab Saudi dengan berencana berinvestasi besar di bidang sepak bola.

Rencana ini pun disebut-sebut membawa nama Manchester United sebagai klub yang akan diberikan modal besar dari Arab Saudi. Dana sekitar 3,5 miliar poundsterling atau senilai Rp 68 triliun menjadi nilai yang dipersiapkan oleh Pangeran Arab Saudi tersebut.

Kabar terus berhembus, akhirnya mendapatkan jawaban pasti. Melalui media Saudi, Turki Al Shabanah, memastikan jika kabar pihaknya akan mengakuisisi saham Manchester United tidak benar. Tapi, memang ada pertemuan dengan pihak Manchester United sebagaimana sudah dijelaskan oleh pihak yang terkait.

“Kabar bahwa Pangeran Mohammed bin Salman ingin mengakuisisi Manchester United adalah kabar yang sama sekali tidak beutu,” tulis Turki Al Shabanah selaku dari menteri perhubungan antar negara Arab Saudi.

“Faktanya adalah bahwa klub sedang mengadakan pertemuan dengan dana investasi publik untuk membahas proyek sponsor,” tutupnya.

Jika berbicara hal ini, maka nama keluarga Glazer lah yang resmi menguasai klub Manchester United sudah dari tahun 2005 silam dengan nilai 790 juta pounds. Harga jual Setan Merah saat ini berada pada kisaran 2,2 miliar pounds, lebih rendah dari kabar nilai yang ditawarkan oleh Arab Saudi.

Jika membedah arah Arab Saudi, maka benar mereka sedang gencar mencari investasi di bidang olahraga. Mereka bekerja sama dengan La Liga, salah satunya dengan mengirim beberapa pemain timnas Arab Saudi untuk bermain di klub-klub asal Spanyol.

Peluang investasi memang sangat besar, terbukti lebih dari 5 juta orang yang menjadi fans Setan Merah di Arab Saudi. Tak hanya soal sepak bola saja, Arab Saudi juga sudah bekerja sama dengan Formula One [F1] dan ajang gulat profesional WWE.

Leave a Comment