Apple Larang iPhone Digunakan Penjahat Dalam Film

Sebagai salah satu smartphone paling populer, tampaknya wajar jika iPhone milik Apple sering digunakan sebagai bagian properti film. Banyak film layar lebar yang di dalamnya terdapat salah satu atau beberapa tokoh sedang mengoperasikan iPhone.

Bahkan, hal ini sudah berlaku sejak lama, terhitung sejak iPhone 3 populer di kalangan masyarakat. Namun setelah bertahun-tahun lamanya, barulah Apple menerapkan aturan yang cukup aneh terkait produknya yang digunakan sebagai properti film.

Salah satu aturan yang terbilang menarik adalah, bahwa iPhone jenis apapun dilarang keras digunakan sebagai properti untuk dioperasikan karakter jahat dalam film layar lebar.

Adalah Sutradara Rian Johnson yang mengungkapkan hal ini saat mempromosikan film layar lebar terbarunya berjudul Knives out. yang baru saja mempromosikan film terbarunya, Knives Out.

Sang sutradara lantas berkomentar mengenai aturan ini. Menurutnya, aturan tersebut berpotensi merusak plot dari sebuah film misteri.

Pasalnya, orang-orang sudah tahu bahwa iPhone tidak mungkin dipakai oleh karakter jahat, sehingga jika ada karakter yang tidak menggunakan ponsel iPhone, penonton sudah bisa menebak bahwa dia adalah penjahatnya.

“Apple mengizinkan pemakaian iPhone di film tapi jika kalian menyaksikan film misteri, maka karakter buruk tidak bisa menggunakan iPhone. Setiap sutradara yang memiliki penjahat di filmnya dan seharusnya menjadi rahasia mungkin akan membunuhku saat ini” katanya, dikutip dari Independent.

Mungkin, maksud Apple memberlakukan aturan ini adalah untuk menjaga citra ponsel mereka. Vendor tersebut hanya tidak ingin citra iphone menjadi rusak karena dioperasikan oleh tokoh atau karakter jahat dalam sebuah film.

Namun perlu diketahui, Apple juga memberlakukan aturan ketat pada setiap produk mereka yang tampil di layar kaca. Misalnya saja, produk Apple harus ditampilkan hanya pada saat kondisi terang dan dalam konteks yang menguntungkan produk Apple tersebut sendiri.

Sedangkan di satu sisi, film tersebut dilarang untuk mengklaim bahwa mereka telah disponsori oleh Apple. Padahal, memperlihatkan produk Apple dalam kondisi pencahayaan yang bagus adalah bagian dari promosi.

Tapi bagaimanapun, tentu saja para sutradara harus menghormati kebijakan yang ditetapkan oleh Apple.

Leave a Comment