Alergi Dingin ? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Saat ini kita sudah memasuki awal bulan Desember, artinya musim hujan akan segera tiba, seiring dengannya suhu di sekitar pun akan lebih dingin dibanding biasanya. Nah, saat suhu di sekitar menjadi lebih dingin, tubuh manusia tentu akan bereaksi, beberapa memperlihatkan reaksi normal, lainnya terkadang memperlihatkan reaksi yang berlebihan.

Ketika seseorang mendapati reaksi yang berlebihan saat musim dingin tiba, bisa jadi orang tersebut memang memiliki Alergi dingin. Alergi dingin merupakan kondisi dimana seseorang akan mengalami alergi jika terkena paparan dingin, entah itu datangnya dari air maupun udara dingin. Biasanya, yang terlihat adalah reaksi kulit kemerahan setelah beberapa menit terkena paparan dingin.

Mungkin sebagian dari anda melihatnya sebagai hal yang biasa, padahal ada penyebab dan cara mengobatinya. Tapi sebelum itu, mari kita ketahui dulu gejala dari Alergi dingin ini.

Gejala

Sebenarnya, gejala dari Alergi Dingin ini relatif berbeda, tiap orang berbeda-beda reaksi. Ada yang memunculkan gejala alergi dingin yang cenderung ringan, tapi tak sedikit juga yang memperlihatkan reaksi berat seperti tekanan darah menurun, sesak nafas bahkan sampai pingsan. Adapun gejala lainnya seperti tangan bengkak saat bersentungan dengan benda dingin, muncul banyak bentol pada kulit karena gatal, hingga kulit menjadi kemerah-merahan di beberapa bagian.

Penyebab

Sebenarnya, penyebab dari Alergi dingin ini bisa karena didasari beberapa faktor, termasuk diantaranya cuaca yang terlalu dingin dan lembab, sementara kulit tidak siap untuk beradaptasi. Ilimiahnya, Alergi dingin disebabkan oleh pelepasan histamin dan zat kimia dalam aliran darah yang disebabkan oleh cuaca dingin di sekitar kita.

Pengobatan

Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari Alergi dingin ini, karena kebanyakan akan hilang sendiri dalam waktu dua sampai tiga minggu. Tapi dalam beberapa kasus, Alergi dingin yang menyebabkan sesak nafas hingga penurunan tensi, sebaiknya langsung dibawa ke Dokter.

Pengidap alergi biasanya diderita oleh anak-anak, namun alergi tersebut akan membaik dengan sendirinya. Adapun yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti kanker atau hepatitis memiliki risiko terkena alergi dingin. Yang jelas, Alergi dingin bisa menggangu aktivitas kita sehari-hari, sehingga pengobatannya juga perlu dilakukan.

Leave a Comment