Akhirnya Raih Kemenangan Perdana, Begini Perasaan Joan Mir

Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir akhirnya bisa bernafas lega setelah meraih kemenangan perdana pada ajang MotoGP 2020 ini. Bahkan, faktanya kemenangan di GP Eropa akhir pekan kemarin merupakan yang pertama sejak kemenangannya di sirkuit Sepang, Malaysia tiga tahun silam.

Sebenarnya, Pebalap asal Spanyol tersebut merupakan rider yang paling konsisten di musim 2020 ini. Sebelum GP Eropa akhir pekan kemarin, Mir bahkan memimpin klasemen dengan mengoleksi 6 podium.

Akan tetapi memang, tidak satupun dari enam podium tersebut dimana dirinya berdiri di podium pertama. Dengan kata lain, sang pemuncak klasemen belum pernah meraih kemenangan sebelumnya.

Tak heran jika yang bersangkutan merasa sangat bahagia ketika melalui GP Eropa di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia sebagai pemenang utama. Namun, Mir enggan besar kepala dengan fakta tersebut.

“Usai menang, saya merasa masih orang yang sama. Namun, kini lebih bahagia. Inilah yang sudah saya tunggu-tunggu, meraih kemenangan. Saya rasa kemenangan ini datang pada momen sempurna. Saya sangat senang karena tim bekerja fantastis.”

“Saya juga sangat nyaman dengan motor kami,” ujarnya via MotoGP.com.

Kendati demikian, Rider berusia 23 tahun ini tidak menampik kenyataan bahwa dia seolah tak percaya akhirnya menyudahi paceklik podium utama di ajang MotoGP.

“Hari ini kami punya kans menang dan kami memanfaatkannya dengan baik. Kami telah melakukan apa yang harus kami lakukan. Jujur saja, saya speechless, karena sangat sulit meraih kemenangan perdana,” ungkap Mir.

Dengan dua seri saja tersisa di ajang MotoGP musim ini, tentu saja Joan Mir bakal berjuang sekuat tenaga pertahankan posisi puncak untuk menjadi juara dunia.

“Seorang rider takkan senang-senang dalam berkendara selama ia belum dapat gelar dunia. Jelas kami punya keunggulan poin yang baik dengan dua seri tersisa, jadi gelar dunia memang dekat. Tapi kami harus tetap bekerja keras pekan depan,” tutur Mir.

Saat ini, Joan Mir memimpin klasemen sementara dengan 162 poin atau unggul 37 poin dari pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo. Sedangkan dua seri tersisa akan berlangsung di Valencia dan Portugal.

Leave a Comment