Abaikan Kritik, Setien Dapat Dukungan Penuh Dari Presiden Barca

Kemenangan telak atas Leganes di ajang Copa Del Rey dinihari tadi berhasil membungkam para pengkritik manajer anyar Barcelona, Quique Setien. Namun sejatinya, mantan pelatih Real Betis tersebut memang tidak pernah mengabaikan kritik yang diarahkan kepadanya belakangan ini.

Quique Setien, 61 tahun, bergabung dengan Barcelona pada awal Januari lalu. Dia dipercaya untuk menggantikan Ernesto Valverde, sebagaimana yang bersangkutan didepak dari kursi manajer. Jelas Setien membawa harapan baru di tengah-tengah tidak konsistennya performa Messi dkk.

Dinihari WIB tadi (31/01), Barcelona berhasil meraih kemenangan atas Leganes dengan skor telak 5-0. Kemenangan tersebut tak hanya menyegel tiket ke babak delapan besar Copa Del Rey, tapi juga membungkam para pengkritik.

Ya, pelatih Barcelona, Quique Setien memang jadi sasaran kritik setelah kekalahan dari Valencia akhir pekan kemarin. Wajar saja, kekalahan tersebut membuat Barcelona tergusur dari puncak klasemen sementara.

Tapi, di tengah-tengah kritik yang sempat membanjirinya, Setien merasa masih percaya diri dengan kemampuannya. Sebab, mantan pelatih Real Betis tersebut mendapat dukungan penuh dari presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

“Bartomeu selalu memberi kepercayaan diri penuh pada saya, dan bahwa dia akan memberi saya waktu. Ada banyak hal yang belum saya ketahui, seperti nama-nama banyak orang yang bekerja di sini. Dia mengatakan kepada saya untuk tenang dan mengambil waktu karena tidak mudah untuk memahami dan beradaptasi dengan tim. Dia selalu memberi saya banyak kepercayaan diri,” kata Quique Setien.

Penunjukkan Quique Setien memang cukup mengejutkan, pasalnya yang bersangkutan belum memiliki pengalaman menangani klub besar. Barcelona bisa dikatakan klub besar pertama yang ditangani mantan pelatih Real Betis ini.

Tapi, filosofi yang diusungnya memang sejalan dengan filosofi dan identitas Barcelona. Hanya saja, Raksasa Catalan sebenarnya bisa mempertimbangkan nama lain seperti Mauricio Pochettino atau Massimilliano Allegri. Kedua pelatih top itu sedang menganggur saat ini.

Setien akhirnya menunjukkan kualitasnya lewat kemenangan 5-0 atas Barcelona. Dalam laga tersebut, dia menerapkan formasi 4-3-3, menurunkan Griezmann sebagai penyerang tengah menggantikan Luis Suarez yang tengah cedera.

Leave a Comment