5 Penjaga Gawang Legendaris Dengan Catatan Gol Terbanyak ! ada ‘Si Gila’ Dari Kolombia

5-Penjaga-Gawang-Legendaris-Dengan-Catatan-Gol-Terbanyak-!-ada-Si-Gila-Dari-Kolombia

Posisi penjaga gawang sering dipandang sebelah mata oleh penikmat sepak bola, penjaga gawang kerap dijadikan kambing hitam bila timnya mengalami kekalahan. Sering kali banyak melakukan penyelamatan gemilang namun akan dilupakan ketika melakukan satu kesalahan saja.

Tugas seorang penjaga gawang memang terbilang berat, mengingat mereka adalah benteng paling terakhir di lini pertahanan yang menahan serangan dan mencegah timnya tidak kebobolan oleh tim lawan. Tugasnya akan semakin berat apabila bertemu dengan stiker kelas dunia.

Seorang penjaga gawang yang hebat tentunya mempunyai torehan clean sheets. selain identik dengan clean sheets, ada beberapa penjaga gawang yang justru rajin mencatatkan namanya dipapan skor. gol-gol juga kerap menyelamatkan timnya dari kekalahan serta juga memberikan kemenangan penting.

Siapa saja kiper dengan torehan gol terbanyak ? berikut nama-namanya!

1. Jhonny Vegas Fernandez

Jhonny-Vegas-Fernandez

Jhonny Vegas Fernandez pensiun dari dunia ‘si kulit bundar’ pada tahun 2003 bersama klub Sport Boys. melakoni 491 pertandingan sepanjang karirnya, Vegas sukses membobol jala lawan sejumlah 45 gol. 30 gol dari titik putih dan 9 gol dari open play.

Bersama Sport Boys Vegas membukukan 20 gol dari 189 penampilannya. sementara itu bersama Timnas Peru Vegas Kurang bersinar, tidak pernah membuat gol untuk negaranya dan hanya tampil sebanyak 3 pertandingan.

2. Rene Higuita

Rene-Higuita

Penjaga Gawang asal Kolombia ini dikenal dengan aksi-aksinya yang terbilang cukup kontroversial. Aksinya sering kali meninggalkan gawang dan keluar jauh dari lini pertahanan timnya serta ikut ambil dalam tendangan bebas maupun jatah menendang pinalti akan sulit dilupakan.

Aksi gila Rene Higuita yang paling tidak bisa dilupakan adalah ketika Kolombia berhadapan dengan Inggris dilaga persahabatan, September 1995. Kala itu Rene Higuita berhasil menahan tendangan Jamie Redknapp dengan badan yang ditekuk kebelakang dan kaki ditarik melengkung atau gaya yang dikenal dengan nama Scorpion Kick.

Selama berkarir sebagai pemain profesional. ‘Si Gila’ tampil sebanyak 380 pertandingan dan menorehkan 41 gol.

3. Dimitar Ivankov

Dimitar-Ivankov

Dimitar Ivankov lahir pada 30 Oktober 1975. Pria Asal Bulgaria ini, mengawali karir sepak bolanya bersama Levski Sofia dalam kurun waktu 1992 hingga 2005. Membukukan 42 gol disepanjang karirnya, mayoritas golnya ia ciptakan lewat titik putih.

Berkat kegemilangannya tampil dibawah mistar gawang. Membuat Dimitar Ivankov langganan dipanggil Timnas Bulgaria sejak tahun 1998 hingga 2010 dan selalu menjadi pilihan utama menjaga benteng terakhir lini pertahanan Bulgaria. tampil sebanyak 64 pertandingan, namun Ivankov tidak pernah membukukan gol bersama Timnas Bulgaria.

4. Jose Luis Chilavert

Jose-Luis-Chilavert

Pria yang dijuluki ‘El Buldog’ ini, adalah satu-satunya kiper yang dapat mencetak hattrick dalam sejarah sepak bola. Selain garang dalam menjaga jala gawangnya, Chilavert juga piawai dalam mengeksekusi bola mati. kemampuan menendang bola matinya kerap menjadi momok yang menakutkan bagi penjaga gawang lawan.

tercatat sudah 67 gol ia menggetarkan jala lawan dari tendangan bebas maupun pinalti selama berkarir hingga pensiunnya. Chilavert mengakhiri karir sepak bolanya bersama tim asal negaranya yaitu Velez Sarsfield.

5. Rogerio Ceni

Rogerio-Ceni

Rogerio Ceni lahir 22 Januari 1973, Brazil. Ia menghabiskan karirnya bersama Sao Paulo selama 25 tahun. Rogerio Ceni membukukan total 131 gol dalam 1257 penampilan profesionalnya, catatan tersebut membuat ia menjadi satu-satu kiper dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Tentunya, capaian sebagai kiper dengan gol terbanyak terasa sangat sulit disaingin kiper manapun hingga sekarang. Sukses menjadi pemain, Rogerio Ceni kini mencoba peruntungan menjadi pelatih sepak bola.

Leave a Comment