3 Hoax Yang Muncul Terkait Virus Corona

Virus Corona kini jadi trending nomor satu dunia, bahkan mengalahkan kabar duka meninggalnya legenda basket ternama, Kobe Bryant. Memang, virus yang satu ini patut diwaspadai karena dampaknya yang bisa sampai meregang nyawa. Tapi, banyak pihak yang memanfaatkan kewaspadaan dan kekhawatiran masyarakat dengan cara menyebarkan berita hoax mengenai virus ini.

Sejauh ini, setidaknya ada empat hoax yang tersebar tentang virus corona ini, dimana kebenarannya sangat diragukan.

1. Berasal Dari Sup Kelelawar

Memakan Sup Kelelawar memang menjadi kebiasaan orang China, tak terkecuali di daerah Wuhan, daerah yang diduga sebagai tempat asal munculnya virus corona. Tak ayal, kebiasaan makan sup kelelawar disebut sebagai penyebab awal munculnya virus ini. Padahal, faktanya rakyat china sudah sejak dulu kala mengkonsumsi sup kelelawar, lantas bagaimana bisa virus tersebut baru muncul sekarang ?

Lagipula, sejauh ini belum ada bukti otentik yang menyebut bahwa kelelawar adalah asal muasal munculnya virus Corona.

2. Cara China Untuk Mengendalikan Ekonomi Negara

Seiring dengan munculnya virus ini, banyak yang beranggapan bahwa memang ada konspirasi yang tertutup rapat. Pemerintah China disalahkan, mereka dituding sudah memiliki vaksin untuk menyembuhkan atau memusnahkan virus ini, tapi dengan sengaja menyimpannya. Tujuan utama adalah untuk mengendalikan ekonomi negara. Ketika sudah banyak yang terjangkit, pemerintah akan menjualnya dengan harga tinggi.

Padahal, faktanya pemerintah China masih berjuang keras menciptakan vaksin yang bisa membunuh virus berbahaya ini.

3. Sudah Memakan Ratusan Ribu Nyawa

Beredar berita kalau virus corona sudah menewaskan ratusan ribu orang dan menjangkit jutaan orang di seluruh dunia. Namun yang jelas, informasi ini hoax belaka. Sampai sejauh ini, tercatat baru ada 2.800 pasien yang terjangkit virus tersebut dan telah menewaskan sekitar 80 orang.

4. Bertingkah Seperti Zombie

Ada juga foto yang beredar mengklaim bahwa orang yang terinsfeksi virus Corona bakal bertingkah seperti Zombie. Yang benar saja, Zombie adalah karakter fiksi buatan film. Sejauh ini, tidak ada satu virus pun yang membuat seseorang bertingkah seperti Zombie. Justru orang tersebut akan tersungkur lemah, batuk-batuk, dan suhu tubuh meninggi.

Leave a Comment